Wirausaha

3 Cara Jualan Online dengan Mudah dan Cepat Laris

3 Cara Jualan Online dengan Mudah dan Cepat Laris

Saat ini PSBB sudah diberlakukan di beberapa daerah di Indonesia. Jakarta menjadi provinsi pertama yang mulai menerapkan status PSBB ini. Dari 11 usaha yang diizinkan beroperasi, usaha mikro yang berjualan kebutuhan sehari-hari adalah salah satunya. Meskipun begitu, enggak bisa dipungkiri, dampak Covid-19 ini tetap dirasakan, pendapatan mereka tetap menurun mengingat keadaan saat ini yang berlaku adalah physical distancing atau beraktivitas #dirumahaja.

Alhasil, salah satu cara yang bisa dilakukan guna mengatasi ini adalah berjualan online atau melakukan pemesanan melalui aplikasi messenger atau media sosial. 

Lalu, gimana buat orang yang belum pernah melakukan jualan online? Gimana cara mudah agar produk cepat laris dengan berjualan online?

Simak 3 cara jualan online dengan mudah dan cepat laris di sini!

Eits, sebelum mengikuti 3 cara berikut ini, pastikan kamu sudah mengetahui produk unggulan apa yang ingin kamu jual ya. Produk unggulan ini adalah produk jualan yang paling laris di usaha kamu. Selain itu, 3 cara berikut ini akan menggunakan aplikasi messenger WhatsApp dan media sosial. Jaid, pastikan kamu punya salah satunya yaa.

1. Unggah produk jualan di WhatsApp

Hal yang mesti kamu lakukan adalah mengunggah atau upload foto jualan kamu di WhatsApp Story. Caranya gimana, kamu bisa baca selengkapnya di sini. Dalam foto tersebut sertakan harga produk beserta sedikit penjelasan produk. Untuk contoh gambarnya, kamu bisa cek gambar berikut ini:

3 Cara Jualan Online dengan Mudah dan Cepat Laris

 

2. Buat template dan sebarkan ke orang terdekat

Cara kedua adalah kamu membuat template pesan yang berisi promosi atau jualan produk unggulan. Contoh templatenya akan Gita berikan di akhir paragraf ini ya. Setelah membuat template pesan, kamu bisa copy-paste dan kirimkan ke orang-orang terdekatmu, misal keluarga besar, tetangga, maupun grup yang kami miliki. Urutan template pesannya adalah judul – promosi – pricelist dan nama produk – kontak pemesanan. Berikut ini contoh template pesannya dengan menyertakan gambar produk kamu ya:

3 Cara Jualan Online dengan Mudah dan Cepat Laris

3. Unggah di media sosial

3 Cara Jualan Online dengan Mudah dan Cepat Laris

Selian melalui aplikasi messenger, kamu juga bisa berjualan di media sosial. Buat kamu yang sudha terbiasa menggunakan media sosial, bisa membuat akun baru atau memanfaatkan akun pribadi atau kerabatmu untuk berjualan. Caranya gimana, Git?

Hampir sama ketika kamu mengupload produk jualanmu di WhatsApp Story, bedanya di media sosial kamu bisa minta testimoni tambahan juga. Sehingga orang-orang yang melihat juga menjadi penasaran dan ingin membeli. Contohnya adalah berikut ini:

Nah, dari 3 cara tersebut, kamu bisa memanfaatkan aplikasi dan teknologi yang ada. Manfaatkan juga koneksi kamu dengan keluarga, tetangga, dan kerabat terdekat yaaa. Marketing terhebat tetap jatuh kepada ‘words of mouth’. Semakin banyak orang yang membahas produk kamu, semakin banyak juga yang sadar dan tahu kehadiran produk kamu. Sehingga pemesanan bisa lebih banyak. Ditambah lagi dengan adanya media sosial dan platform ecommerce. Kamu bisa menambah pemasukan kamu dari berbagai aplikasi tersebut.

Untuk tips membuat poster jualan di media sosial, kamu bisa manfaatkan website gratisan seperti Canva ya!

Selamat mencoba, Sahabat GandengTangan!

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.