Wirausaha

3 Cara Mengetahui Selera Pasar

3 Cara Mengetahui Selera Pasar

Melakukan penjualan enggak melulu tentang produk, kita jug mesti mengetahui selera pasar di sekeliling kita. Ada beragam cara untuk mengetahui selera pasar. Di zaman serba digital ini, kamu bisa memanfaatkan teknologi untuk mengetahui selera pasar yang ada di sekelilingmu, lewat 3 cara ini, Sahabat GandengTangan!

1. Manfaatkan media sosial

Hal pertama ini mesti kamu lakukan sebagai pemilik usaha. Dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di media sosial, kamu bisa mengetahui selera pasar yang sedang tren ataupun banyak diminati. Sehingga kamu bisa berkreasi dengan produkmu dan menyesuaikan dengan selera pasar di sekelilingmu.

Misalnya, buat pertanyaan atau survei kecil di Instastory dengan fitur-fitur yang ada, seperti, polling, QnA, dan comment. Kalau usahamu sudah memiliki akun di Instagram, kamu juga bisa melakukannya di akun tersebut. Jadi, hasil survei-nya justru akan menjadi lebih relate dengan pelanggan.

2. Menggunakan formulir online

Cara kedua ini juga bisa kamu lakukan untuk mengetahui selera pasar, Sahabat GandengTangan. Yaitu dengan membuat beberapa pertanyaan survei dengan menggunakan formulir online, seperti Survey Monkey atau Google Form. Dengan kedua cara tersebut, kamu juga bisa mengambil data, yang bisa kamu gunakan untuk mulai memperbaiki usaha kamu menjadi lebih baik dan sesuai dengan selera pasar yang ada di sekelilingmu.

Cara ini terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu membuat list pertanyaan untuk mendapatkan selera pasar dan sebarkan melalui media sosial, aku usahamu, kolega, dan pelangganmu. Selanjutnya, buat kesimpulan dari hasil survei kecilmu dan sesuaikan dengan produk yang kamu miliki.

3. Berbicara dengan konsumen

Selain meminta testimonial, coba lah tanya pendapat konsumen terkait produkm dan apa saja yang perlu diperbaiki agar usaha kamu lebih baik. Dengan begitu kamu bisa lebih memahami target pasar usahamu, Sahabat GandengTangan. Kalau kamu masih baru dalam bidang bisnis, kamu juga bisa mengobrol dengan orang terdekat dengan menanyakan hal apa yang mereka sukai dan harapkan dari produk yang akan kamu bangun. Namun jangan sampai mereka tahu kalau obrolan dengan mereka adalah salah satu interview kamu untuk mengetahui selera pasar dari produk yang ingin kamu bangun. Cara ini biasa disebut dengan The Mom test, kamu bisa cari tahu lebih banyak di sana.

Dari ke semua cara itu, kamu bisa mengetahui selera pasar yang ada di sekelilingmu atau usaha yang sedang tren saat ini. Namun usahakan jangan hanya mengikuti tren saja, karena kebanyakan itu tidak bertahan lama. Buatlah produk yang bisa memberikan dampak positif maupun dapat menyelesaikan masalah mereka.

Buat kamu yang membantu para pengusaha kecil dalam memenuhi modal usahanya, bisa melakukan investasi modal kecil di GandengTangan. Dengan minimal Rp50ribu kamu bisa membantu mereka untuk tetap melanjutkan usahanya dan mendapatkan imbal hasil setara dengan 15,6% per tahun.

Selamat mencoba!

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.