3 Faktor Utama yang Menjadi Penyebab Kemiskinan di Indonesia

3 Faktor Utama yang Menjadi Penyebab Kemiskinan di Indonesia

Kemiskinan adalah salah satu masalah menahun yang terjadi di Indonesia. Tiga faktor berikut ternyata menjadi alasan utama penyebab kemiskinan.

Kemiskinan merupakan salah satu masalah global yang dihadapi oleh banyak negara di dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Didefinisikan sebagai ketidakmampuan untuk memperoleh kebutuhan dasar, kemiskinan di negeri ini berdampak pada sejumlah masalah sosial lain, seperti pengangguran, kekurangan gizi, hingga meningkatnya tindak kriminal.

Ada berbagai hal yang menjadi faktor penyebab kemiskinan di Indonesia. Tiga faktor utama berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Tingkat Pendidikan yang Masih Rendah

Salah satu faktor utama yang melatarbelakangi masalah kemiskinan di Indonesia adalah masih rendahnya tingkat pendidikan. Masyarakat yang tinggal di pelosok daerah, misalnya, memiliki akses terbatas untuk menjangkau fasilitas pendidikan lanjutan, terutama perguruan tinggi. Sebagai dampaknya, mereka tidak mendapatkan pendidikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengusahakan pekerjaan.

Meski demikian, masyarakat perkotaan yang telah disuguhi akses pendidikan yang lebih mudah pun terkadang masih terkendala biaya pendidikan yang mahal. Itulah mengapa alternatif pendidikan dan pelatihan keterampilan harus disediakan agar dapat mempersiapkan individu untuk mengusahakan kehidupannya,

  • Ketidakpedulian terhadap Keadaan Sosial di Sekitar

Faktor lain yang menyebabkan kemiskinan adalah kurangnya kepedulian sesama terhadap keadaan sosial sebagian masyarakat yang masih jauh dari kategori berkecukupan, apalagi sejahtera. Akan tetapi, faktor ini juga bisa menjadi dua sisi pisau yang berlainan jika tidak dipertimbangkan secara bijak.

Di satu sisi, memberikan bantuan dana kepada masyarakat miskin adalah suatu hal yang dapat membantu mereka memenuhi kebutuhan. Namun, di sisi lain, hal ini dapat menciptakan mental ketergantungan (dependency). Oleh karena itu, solusi terbaik tidak hanya dilakukan dengan memberi, tetapi juga memberdayakan.

  • Lapangan Kerja yang Kurang Memadai

Faktor penyebab kemiskinan lainnya adalah tidak tersedia lapangan kerja yang memadai, terutama bagi sumber daya manusia yang tidak memiliki cukup keterampilan. Hal ini juga ada kaitannya dengan pola pikir masyarakat yang masih beranggapan bahwa lapangan kerja hanya sebatas kesempatan yang diberikan oleh negara maupun perusahaan swasta.

Pada kenyataannya, lapangan kerja bisa didapatkan di mana saja atau bahkan, dikembangkan sendiri. Tidak sedikit contoh masyarakat yang membuka usaha dengan modal minim, tetapi dapat menghasilkan keuntungan yang menjanjikan.

Itulah sejumlah faktor utama yang menjadi penyebab kemiskinan di Indonesia. Sebagai bagian dari masyarakat yang tinggal di negeri ini, kita sebenarnya bisa turut membantu mengurangi tingkat kemiskinan di Indonesia. Salah satu usaha yang bisa dilakukan adalah berpartisipasi dalam sejumlah program crowdlending atau penanaman modal bagi pengembangan usaha kecil.

Selain bisa menurunkan jumlah pengangguran dengan menyediakan lapangan kerja baru, program crowdlending seperti P2P Lending juga menjadi alternatif terbaik untuk mulai berinvestasi. Di platform GandengTangan, Anda bisa mempelajari lebih lanjut tentang program crowdlending yang bisa dijadikan usaha untuk memerangi kemiskinan di Indonesia melalui investasi modal kecil.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *