Keuangan

3 Hal ini Bisa Mengurangi Pengeluaran Sehari-harimu, lho!

3 Hal ini Bisa Mengurangi Pengeluaran Sehari-harimu, lho!

Mengurangi pengeluaran itu memang enggak mudah alias susah. Tapi selalu ada cara, kok, untuk bisa bisa mewujudkan itu!

Ada banyak hal yang menyulitkan kita untuk mengurangi pengeluaran sehari hari. Tidak bisa dipungkiri juga, kalau saat ini memang enggak bisa dipungkiri kalau semua bergerak sangat cepat, bahkan untuk melakukan transaksi bisa dilakukan kurang dari 1 menit dan beberapa jam kemudian barang bisa sampai.

Namun kita bisa mulai mengurangi pengeluaran dari hal-hal kecil yang ada di sekitarmu. Misalnya, beberapa hal berikut ini:

1. Beli 1 produk yang multifungsi

Siapa di sini yang masih sering beli shampoo dan conditioner? Atau beli sabun cuci dan pewangi pakaian? Padahal ada lho produk yang menawarkan dua hal tersebut menjadi 1 barang. Misal, untuk perawatan rambut, kamu bisa membeli conditioning shampoo, jadi enggak perlu lagi beli 2 barang (shampoo + conditioner). Hal yang sama bisa kamu minimalisir dengan membeli sabun cuci yang ada pewangi pakaian, sehingga cukup beli 1 barang aja. Begitu juga dengan kebutuhan lain, yang sebenarnya kamu bisa beli 1 barang aja untuk bisa mendapatkan 2 value/nilai atau fungsi.

2. Homemade daripada beli jajanan yang bikin candu

Mungkin banyak dari kita nih, yang kadang muncul keinginan untuk sekedar jajan sesekali karena lagi ingin mencicipi minuman A. Namun setelah melakukan tersebut, kita jadi merasa ketagihan dan melakukan hal yang sama setiap hari di jam yang sama, alhasil malah jadi kebiasaan. Padahal tanpa membeli minuman A, kita masih bisa menjalankan hari seperti biasanya, kok. Salah satu contoh lainnya adalah kalau kamu terbiasa membeli sarapan di supermarket dekat kantor atau selalu beli minuman A sebelum ke kantor. Kamu bisa minimalisir itu dengan membeli bahan dan membuatnya di rumah agar mengurangi pengeluaranmu.

3. Enggak usah ikut-ikutan kalau jarang digunakan

Saat beberapa aplikasi berbayar sedang tren, biasanya orang rela membayar berapa pun agar tidak kehilangan momen. Alhasil, pengeluaran bertambah padahal pendapatan masih sama. Nah, hal kecil ini lah yang perlu kamu kurangi. Misal, dengan unsubscribed/berhenti berlangganan aplikasi streaming film/musik yang sebenarnya jarang kamu gunakan. Karena kamu bisa menggunakan aplikasi legal tanpa bayar lainnya. Meskipun sedikit, tapi kalau dikurangi, bisa digunakan untuk menambah tabungan masa depanmu, kan?

Dari semua itu, kuncinya satu, ‘kebutuhan di atas keinginan’. Iya, kita harus mengutamakan kebutuhan dan memahami keadaan yang terjadi saat ini, sekaligus mengingat tujuan keuangan yang ingin dicapai. Sehingga kamu bisa lebih memahami kenapa harus mengurangi pengeluaran sehari-hari.

Coba mulai juga untuk mulai melakukan pendanaan online sekali di GandengTangan, mulai dari Rp50ribu kamu bisa menambah tabungan masa depan, sekaligus membantu usaha mikro Indonesia, dengan keuntungan setara dengan 15,6% per tahun. Menarik, kan? Selamat mencoba!

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.