Wirausaha

3 Ide dan Peluang Usaha yang Berawal dari Hobi

3 Ide dan Peluang Usaha yang Berawal dari Hobi

Berawal dari hobi, bisa jadi ide dan peluang usaha yang menambah pendapatan bulanan kamu, lho. Lumayan banget, kan?

Setiap orang pasti memiliki hobi atau kegemaran. Buat yang merasa belum tahu apa hobi dan kegemaranmu, bisa mulai cari tahu dari sekarang. Selagi di rumah, kamu bisa sambil mengeksplorasi berbagai kegiatan. Dengan mencoba berbagai hal kamu jadi tahu, kegiatan mana aja yang paling kamu suka.

Berawal dari hanya ‘suka’ saat kamu lanjutkan secara serius, bisa jadi ide dan peluang usaha yang menghasilkan uang untukmu. Meskipun awalnya sekedar side-job, kamu tetap bisa menambah penghasilan kedua lewat hobi kamu ini.

Mau tahu hobi apa saja yang menghasilkan ide dan peluang usaha? Ini dia!

1. Menggambar atau melukis

Hobi satu ini memang banyak digemari oleh orang, dan kamu bisa jadikan ini sebagai ide dan peluang usaha sebagai pekerjaan kedua. Kamu bisa menawarkan jasa menggambar/melukis di sepatu, tas, atau case HP. Banyak hal yang bisa kamu gunakan untuk media dari hasil karyamu. Dan itu lah yang bisa menjadi nilai jual dari produk kamu, Sahabat GandengTangan. Usahakan sebelum kamu memulai usaha, kamu harus tahu Unique Selling Point yang kamu miliki. Kalaupun ternyata belum ada, tingkatkan pelayanannya, agar konsumen bisa puas dengan produk kamu.

2. Membuat DIY

Siapa di sini yang hobi banget membuat perintilan di kamar dengan barang bekas atau daur ulang? Nah, hasil karya seperti ini juga bisa kamu jadikan sebagai ide dan peluang usaha, Sahabat GandengTangan. Dengan modal yang cukup minim, kamu bisa jual dengan harga yang lumayan, karena barangnya enggak banyak diedarkan. Atau bisa dibilang orisinil. Dengan begitu semakin banyak juga orang yang akan tertarik membeli produk jualan kamu. Ditambah lagi, produk yang dihasilkan dari membuat DIY ini beragam sekali, lho. Kamu bisa banyak berinovasi dengan produkmu sendiri.

3. Menanam kebun

Buat yang punya hobi menanam, bisa banget nih kalau lagi panen bisa segera dikomersilkan, Sahabat GandengTangan. Iya, kan lumayan banget kalau saat panen kamu bisa mendapatkan banyak buat dan sayur-sayuran dari taman belakang, dan dijual secara online. Atau bisa juga kamu menjual jus buh yang didinginkan atau apapun. Yang pasti, dari hasil panen tanaman kamu, kamu bisa berinovasi sehingga bisa menghasilkan keuntungan lebih besar. Ditambah lagi kalau kamu jago masak, sayur/buah tersebut bisa jadi suatu menu makanan yang wuenak dan layak untuk dijual!

3 ide dan peluang usaha tersebut bisa jadi sumber pendapatan keduamu, Sahabat GandengTangan. Terlepas dari 3 hobi di atas, masih ada hobi lain yang juga bisa menghasilkan, seperti merajut, menjahit hingga bermain games online, lho.

Namun kalau ternyata kamu tidak memiliki ketiga hobi tersebut, jangan sedih. Masih ada platform p2p lending yang bisa menjadi pendapatan keduamu. Iya, dengan menanamkan modal sebesar Rp50ribu, kamu bisa mendapatkan imbal hasil setara dengan 15,6% per tahun. Ditambah lagi ada fitur asuransi proteksi pendanaan yang membuat investasimu lebih aman dan terpercaya.

Semoga bermanfaat, Sahabat GandengTangan!

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.