3 Kesalahan Keuangan ini Sering Terjadi di Bulan Ramadan

3 Kesalahan Keuangan ini Sering Terjadi di Bulan Ramadan

Kesalahan keuangan apa yang paling sering dilakukan dan bikin kamu boke?

Menjawab pertanyaan di atas pasti bukan hal yang sulit, kan, Sahabat GandengTangan? Ditambah lagi saat kondisi sedang bosan atau enggak tahu harus melakukan apapun. Membuka aplikasi belanja online bisa saja jadi pilihan utama yang dilakukan. Nah, salah satu kesalahan dan kebiasaan tersebut itu lah yang bisa bikin keuanganmu berantakan. Apalagi di bulan Ramadan.

Gimana enggak, kalau di bulan biasa, mungkin kita bisa aja mengambil cemilan untuk mengisi waktu kosong. Namun kalau sedang berpuasa, kita, kan, enggak biasa melakukan hal itu. Alhasil, check-out di olshop jadi pilihan yang paling sering terjadi. Hehehe. Kamu begitu, nggak, Sahabat GandengTangan?

Nah, kali ini Gita mau berbagi pengalaman tentang 3 kesalahan keuangan lain yang cukup sering terjadi di bulan Ramadan. Jadi, usahakan kurangi 5 kesalahan ini setiap bulan Ramadan. 

Mau tahu apa saja? Simak selengkapnya di sini!

1. Membeli Persiapan Ramadan Secara Berlebihan

Bulan Ramadan memang bulan yang paling dinantikan bagi siapapun. Banyak dari kita yang mempersiapkan semuanya dengan matang, misal membeli stok makanan selama bulan Ramadan, karena ada beberapa bahan makanan yang biasanya jadi mahal selama bulan Ramadan. Misalnya, daging ayam, bawang putih, cabai, kurma, dan lainnya. 

Memenuhi kebutuhan pangan itu kebutuhan, tapi kesalahan yang sering dilakukan adalah membeli barang yang enggak diperlukan. Misalnya, membeli baju untuk lebaran nanti. Kalau dirasa memang tidak dibutuhkan, lebih baik uangnya digunakan untuk hal lain, misalnya memutar uang tersebut di pendanaan online, seperti GandengTangan, yaitu P2P Lending, yang bisa mendapatkan proyeksi keuntungan hingga 15,6% p.a dan membantu UMKM Indonesia.

2. Berlangganan Berbagai Aplikasi Streaming Untuk Mengisi Waktu Luang

Selama bulan Ramadan, pasti banyak dari kita yang merasa bosan karena #dirumahaja, kan? Supaya menambah hiburan, orang lebih memilih untuk menggunakan aplikasi streaming sebagai hiburan bersama keluarga. Ya, memang ini opsi yang cukup baik. Namun kalau kamu berlangganan berbagai aplikasi streaming dan yang digunakan hanya satu saja, kenapa mesti berlangganan semuanya?

Untuk itu, sebelum berlangganan, pilih dan riset terlebih dulu, aplikasi mana yang akan sering kamu gunakan, lalu baru mulai berlangganan. Jangan cuma ikut-ikutan ya! Dan yang penting tetap menonton/mendengarkan musik secara legal ya.

3. Selama Bisa Buat Sendiri, Kenapa Harus Beli?

Seharian berpuasa, biasanya banyak nih yang suka kalap dan lebih memilih untuk beli makanan/minuman online. Sesekali dilakukan enggak masalah, tapi kalau hampir setiap hari membeli makanan di luar, apa tidak boros? Lebih baik kamu membuat sendiri di rumah, Sahabat GandengTangan. Selain lebih hemat, kamu juga bisa lebih banyak quality time bersama orang tersayang dan keluarga. Sambil menyelam minum air, kamu bisa mendapatkan banyak hal dengan memasak bareng keluarga.

Itu dia 3 kesalahan keuangan yang paling sering dilakukan. Jadi, udah siap untuk menyambut bulan Ramadan tahun ini? Sampai berjumpa, Sahabat GandengTangan!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.