Keuangan

3 Mitos Seputar Rencana Keuangan/Bujet yang Disalah Pahami

3 Mitos Seputar Rencana Keuangan/Bujet yang Disalah Pahami

Banyak banget mitos yang membuat orang jadi salah paham dengan keuangan, salah satunya seputar rencana keuangan/bujet. 

Katanya, cuma orang kaya yang bisa mengatur keuangan karena uangnya banyak. Kamu setuju, nggak? Hm, mitos yang seperti ini nih yang membuat orang salah paham seputar keuangan maupun rencana keuangan/bujet. 

Orang yang memiliki banyak uang, tapi enggak bisa mengatur keuangan, nantinya tetap akan kewalahan dan bocor (lebih besar pasang daripada tiang) juga, Sahabat GandengTangan. Jadi, kalau banyak uang tapi enggak bisa mengatur keuangan itu sama saja. 

Lalu, gimana dengan orang yang punya uang sedikit, apa masih perlu mengatur keuangan?

Pastinya, dong. Salah satu mitos seputar rencana keuangan adalah, katanya, mengatur keuangan hanya untuk orang kaya/yang banyak duit. Padahal membuat rencana keuangan itu bisa dilakukan oleh siapapun.

Tujuan dari bujet itu sendiri adalah agar kita bisa memutuskan/menentukan selanjutnya kita mau melakukan apa dengan uang yang kita punya, bukan menghabiskan uang secara random dan justru ngancurin rencana masa depan sendiri karena punya banyak tunggakan di akhir.

Selain mitos itu, ada 3 mitos lain yang kerap kali disalah pahami oleh masyarakat seputar rencana keuangan/bujet.

  • Bujet membuat stress

Faktanya, dengan membuat bujet atau rencana keuangan kita bisa mengatur keuangan lebih baik. Alhasil, mengurangi stress karena masalah keuangan seperti, boke’ setelah 2 hari gajian, enggak terjadi lagi setelah melakukan rencana keuangan setiap bulan. Justru, kalau kita enggak buat rencana keuangan tiap bulan stress kita bakal bertambah karena mesti mikir uang buat ongkos besok cukup nggak ya?

  • Bujet harus detil

Faktanya, dalam membuat bujet kamu bisa sesuaikan dengan cara dan kenyamanan kamu sendiri, Sahabat GandengTangan. Kalau kamu tipe orang yang lebih mudah merencanakan secara detil, kamu bisa buat rencana keuangan secara detil. Tapi kalau kamu tipe sebaliknya, bisa disesuaikan. Yang penting itu komitmen dan konsisten.

  • Bujet itu mengekang dan bikin hidup enggak menyenangkan

Faktanya, dengan bujet kamu bisa membuat hidup kamu lebih nyaman karena bisa mencapai keinginanmu untuk bisa jalan-jalan atau membeli barang yang disukai karena bisa mengatur uang dengan baik, tanpa memikirkan cara membayar tunggakan/cicilan tiap bulan. Membuat bujet itu enggak membatasi kamu untuk senang-senang, justru menggunakan uang secara bijak untuk hal yang tepat.

Itu dia 3 hal mitos yang kerap kali disalah pahami oleh masyarakat. Padahal bujet itu punya tujuan yang baik, lho, untuk masa depan kamu menuju bebas finansial. Iya, kamu jadi bisa belajar menggunakan uang secara bijak dan bisa mulai menabung untuk masa depan lewat berbagai investasi yang bisa kamu pilih.

Bagikan informasi ini ke teman-teman ya, biar enggak salah paham dengan bujet!

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.