KeuanganRamadan

30 Hari Menuju Bulan Ramadan, Sudah Siapkan Hal Ini Belum?

Wah, enggak terasa ya, sudah 30 hari menjelang bulan Ramadan aja nih! Sehat-sehat ya semuanya supaya kita bisa menjalani bulan Ramadan tahun ini bersama keluarga dan orang tersayang. 

Biasanya, hal apa sih yang paling kamu rindukan selama bulan Ramadan, Sahabat GandengTangan?

Momen buka bersama, sahur, banyak orang-orang yang jadi pedagang mendadak

Hahahaha bener juga yang terakhir! Di bulan Ramadan, memang jadi bulan yang penuh berkah banget, ya? Bagi muslim maupun non-muslim, semua orang bisa kebanjiran rezeki dengan caranya masing-masing.  Dan benar saja, makin banyak pedagang di daerah sekitar rumah. Ada yang buka warung kelontong di depan rumah dengan menjual makanan/minuman buka puasa hingga ada juga yang berjualan di pinggir jalan. Tapi, justru momen seperti itu yang dirindukan ketika bulan Ramadan. Jadi nggak sabar deh ketemu bulan Ramadan. 

Sebentar, sebelum itu, ada berbagai hal yang perlu kamu siapkan nih 30 hari menuju bulan Ramadan. Ada apa saja? Simak selengkapnya ya!

1. Membuat bujet selama bulan Ramadan

Hal yang pertama dilakukan, pastinya, membuat bujet selama bulan Ramadan dong.Tentuin dulu nih berapa bujet yang kamu siapkan di bulan Ramadan nanti sesuai dengan kebutuhan yang ingin kamu keluarkan ya. Jangan kalap belanja banyak hal di bulan Ramadan. Selain itu, jangan gabung juga bujet bulan Ramadan dan Hari Raya ya.

2. Membuat list stok kebutuhan selama puasa SECUKUPNYA

Setelah menentukan bujet, mulai deh untuk membuat list kebutuhan yang perlu kamu beli selama satu bulan nanti apa aja. Misal, stok teh, gula, beras, dsb. Inget, secukupnya aja ya, Sahabat GandengTangan

3. Evaluasi diri, hal apa yang perlu diperbaiki

Saas Hal yang enggak kalah penting untuk dipersiapkan selain keuangan adalah diri sendiri. Iya, ada baiknya sebelum bulan Ramadan, kita evaluasi diri dulu, hal apa yang perlu diperbaiki dan dipertahankan. Sehingga di bulan selanjutnya, kita bisa menjadi lebih baik.

4. Melakukan hal baik atau bersedekah

Adda Melakukan hal baik enggak hanya dilakukan saat bulan Ramadan aja, Sahabat GandengTangan. Kamu juga bisa mulai melakukan hal baik sebelum bulan Ramadan datang. Misalnya, dengan mengikuti kegiatan relawan yang diadakan di rumah atau komunitas sosial lain. Atau lebih mudahnya lagi dengan melakukan donasi untuk membantu orang lain yang membutuhkan. Mudah banget, kan?

5. Membereskan/modifikasi ruangan di rumah agar suasana lebih fresh

Buat kamu yang mau punya tampilan rumah yang berbeda di Hari Raya nanti, bisa banget nih mulai untuk modifikasi atau beberes ruangan di rumah. Kenapa mesti sebelum puasa, Git? Iya, biar pas puasa nanti tugas kamu enggak banyak banget buat beberes rumah, apalagi kan kamu puasa ehehhe. Mending simpan tenaga untuk hal baik lainnya. Jadi, lebih baik beberes rumah di awal aja, Sahabat GandengTangan

6. Mengganti hutang puasa di tahun lalu

Nah, yang terakhir ini enggak kalah penting, Sahabat GandengTangan. Bahkan sangat penting dibanding lima hal di atas, yaitu mengganti hutang puasa tahun lalu. Siapa tahu diantara kalian masih ada yang punya hutang puasa karena tahun lalu berhalangan menstruasi ataupun sakit. Ada baiknya, segera mengganti puasa tersebut sebelum bulan Ramadan yaa.

Itu dia 6 hal yang perlu kamu siapkan sebelum bulan Ramadan tiba! Gimana, ada tambahan lain nggak dari kamu? Coba tulis di kolom komentar ya!

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.