4 Hal Sederhana yang Punya Dampak Baik Bagi UMKM Indonesia

Percaya nggak kalau hal kecil yang kita lakukan ternyata punya dampak besar untuk orang sekitar?

Hal itu pula yang mengawali perjalanan GandengTangan sejak awal berdiri hingga saat ini. Berawal dari keinginan untuk membuka akses pendanaan mikro terhadap UMKM Indonesia, kami mulai melangkah dan mendirikan GandengTangan. Setelah lima tahun berdiri, terhitung 3ribu lebih pengusaha mikro Indonesia telah mendapatkan kemudahan akses pendanaan mikro, dengan total penyaluran dana sebesar 14milyar oleh para pendana di seluruh Indonesia.

Langkah tersebut juga bisa dilakukan oleh siapa pun. Bahkan tanpa sadar kita telah melakukan hal sederhana yang berdampak besar pada orang sekitar, dalam pembahasan kali ini adalah UMKM Indonesia atau pengusaha mikro.

Hal sederhana apa saja yang punya dampak besar bagi UMKM Indonesia? 
1. Jajan di warung terdekat

Siapa di sini yang masih suka jajan di warung? Nah, dengan kamu jajan di warung terdekat, secara enggak langsung kamu telah membantu usaha mikro untuk terus berkembang, lho. Artinya,kamu ikut membantu keuangan dan bisnis kecil mereka untuk tetap berjalan. Meskipun sekarang udah serba digital, masih banyak juga lho warung kelontong yang tetap jalan. Kalau di rumahmu gimana, masih ada, nggak?

2. Pesan jajanan/produk lokal secara online

Karena semua sudah serba digital, pasti banyak juga deh yang memesan makanan, minuman atau barang secara online. Pesan-antar ini memang praktis banget, cocok untuk zaman sekarang yang serba instan. Sebetulnya, dengan melakukan pembelian produk lokal maupun reseller di platform online, ternyata, juga bisa membantu usaha mikro Indonesia untuk naik kelas, lho.

3. Pesan jajanan lebih untuk driver ojek online (ojol)

Enggak hanya jajan produk lokal aja, buat kamu yang sering jajan makanan dan minuman di warung atau pedagang kaki lima secara online atau lewat pesan-antar juga membantu usaha bisnis mikro tetap berjalan. Justru lewat mitra driver ojol ini, pengusaha mikro Indonesia bisa mendapatkan tambahan lebih, jadi enggak hanya dengan berjualan secara offline aja, tapi juga secara online.

4.  Pendanaan online di GandengTangan

Cara yang terakhir ini sedikit berbeda dengan hal sederhana sebelumnya. Lewat pendanaan online, kamu membuka kesempatan bagi pengusaha mikro Indonesia untuk mendapatkan akses pendanaan modal lebih mudah dan terjangkau. Jadi, dengan kamu melakukan investasi/pendanaan di GandengTangan, kamu telah memberikan pinjaman modal kepada pengusaha mikro. Sekaligus, kamu juga melangkah lebih maju untuk mencapai kebebasan finansial. Sebab dengan pendanaan tersebut, kamu mendapatkan imbal hasil setara dengan 15,6% per tahunnya. Uang tersebut bisa kamu jadikan investasi untuk masa depanmu.

Dari empat hal sederhana di atas, pasti kamu sering melakukannya, kan? Iya, tanpa sadar ternyata kamu telah memberikan dampak besar bagi para pengusaha mikro Indonesia. Sebenarnya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa meningkatkan UMKM Indonesia. Tapi 4 cara di atas adalah hal sederhana yang tanpa kita sadari ternyata punya dampak baik bagi UMKM Indonesia.

Seperti yang kita ketahui juga, kalau UMKM Indonesia punya peran penting bagi perekonomian mikro Indonesia. Kalau sampai tidak didukung oleh pemerintah dan masyarakatnya, nanti angka PDB Indonesia juga menurun. Untuk itu, mari kita dukung pengusaha mikro Indonesia!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.