4 Tipe Digital Payment yang Sering Digunakan

4 Tipe Digital Payment yang Sering Digunakan

Apakah kamu salah satu orang yang sering menggunakan  4 digital payment ini?

Gita yakin pasti kalian pernah menggunakan salah satu dari 4 tipe digital payment yang akan kita bahas. Apalagi di era teknologi seperti sekarang, banyak perubahan sistem pembayaran menjadi lebih efektif dan lebih mudah digunakan secara online. Salah satunya melalui melalui virtual account. Ayo, seberapa sering kamu belanja menggunakan pembayaran virtual account?

Tunggu dulu, kita enggak hanya membahas Virtual Account (VA) aja nih. Ada 3 tipe digital payment lainnya yang bisa kamu ketahui lebih jauh. Mau tahu selengkapnya? Simak di sini!

  1. Mobile Banking

Tipe yang satu ini cukup sering digunakan oleh masyarakat. Setiap instansi keuangan biasanya mengeluarkan aplikasi yang akan digunakan oleh para nasabah. Nah, aplikasi ini hanya bisa digunakan di smartphone para nasabah dengan keamanan yang ketat. Sehingga data pribadi dan semua hal pribadi kamu tetap terjaga juga.

Melalui Mobile Banking ini sendiri, ada banyak opsi yang dilakukan untuk bisa melakukan pembayaran melalui Mobile Banking. Misalnya, VA, transfer antar bank hingga transfer bank yang berbeda. Ditambah lagi, saat ini mereka masih terus berinovasi agar para nasabah bisa melakukan pembayaran apapun hanya dalam satu aplikasi saja.

  1. SMS Banking

Digital payment satu ini juga digunakan melalui smartphone. Bedanya, bisa digunakan tanpa membutuhkan internet, melainkan pulsa biasa. Jadi, semuanya dilakukan hanya dengan mengirimkan SMS ke nomor yang telah diinfokan oleh instansi bank, sahabat GandengTangan. 

Enggak hanya bisa melakukan transaksi, kamu juga bisa menerima fitur SMS secara real-time jika ada orang yang mengirim uang ke rekening kamu. Jadi, kamu juga bisa melakukan money-tracking deh.

  1. Internet Banking

Nah, untuk yang satu ini kamu melakukan transaksi menggunakan token yang diberikan oleh bank instansi. Kamu bisa melakukan hal tersebut dengan token saja, Sahabat GandengTangan. Mudah sekali, kan?

  1. Uang Elektronik (e-Money)

Tipe yang terakhir ini adalah uang elektronik, yakni berfungsi sebagai alat pembayaran dan deposit dengan cara transfer. Beberapa contoh yang sering kali kamu temukan dan juga mungkin gunakan adalah LinkAja, GoPay, OVO, DANA, dan lainnya. Penggunaannya sangat mudah. Kamu hanya perlu mengisi saldo ke akun uang elektronik dan selanjutnya kamu bisa gunakan untuk membayar apapun yang kamu butuhkan. Karena kemudahan tersebut, maka berhati-hatilah agar kamu tidak kalap saat berbelanja ya, Sahabat GandengTangan.

Nah, dari 4 tipe digital payment yang sudah Gita jelaskan di atas, kamu lebih sering menggunakan tipe yang mana? Ohiya, jangan lupa juga untuk selalu berhati-hati dan jangan membagikan OTP kepada siapa pun ya, Sahabat GandengTangan. Selalu waspada dan jadilah pengguna digital payment yang cermat.

Selain itu, kamu juga perlu mengatur keuanganmu agar tidak melulu mengalami kebocoran halus setiap hari karena kemudahan dan efektivitas dari penggunaan 4 tipe digital payment di atas. Iya, betul, karena penggunaannya yang mudah, kamu akan lebih sering untuk berbelanja. Untuk itu, kamu tetap perlu mengatur keuangan agar bisa mengendalikan keinginanmu, dan mengutamakan untuk membeli hal-hal yang dibutuhkan. Setidaknya, kamu bisa memanfaatkan digital payment tersebut untuk melakukan investasi online, seperti di GandengTangan. Hanya dengan Rp50ribu kamu bisa menggunakannya untuk modal investasi yang aman dan tepercaya. Kunjungi laman kami di sini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.