4 Tips untuk Milenials Agar Merdeka secara Finansial

Milenial yang ingin merdeka secara finansial bukan hal yang mustahil. Simak tips berikut ini.

Indonesia baru saja merayakan hari kemerdekaannya yang ke-73. Nah, bagaimana dengan kalian, para milenials, sudahkah merdeka juga—setidaknya secara finansial?

Merdeka finansial adalah ketika kamu sudah mapan, bebas tanggungan, serta mampu memenuhi segala kebutuhan (termasuk investasi, aset, dan persiapan dana pensiun), tanpa khawatir akan masa depan.

Berikut beberapa tips yang wajib dipraktikkan milenial agar bisa merdeka secara finansial.

1. Kontrol Pengeluaran

Tips pertama yang wajib dilakukan jika kamu ingin memiliki kondisi keuangan yang selalu stabil adalah menghemat pengeluaran. Kurangi membeli barang-barang yang tidak diperlukan, jangan terlalu sering makan di luar, dan kurangi pola hidup konsumtif.

Agar tidak boros, buatlah aturan mengenai jumlah maksimal uang yang boleh dikeluarkan per hari, misalnya Rp100.000 (untuk makan, transport, pulsa, dan sebagainya). Bawa juga uang secukupnya ke mana pun. Cara ini cukup efektif mencegahmu berbelanja ini itu yang tak perlu.

2. Susun Financial Plan

Selagi masih muda, buatlah perencanaan keuangan yang jelas. Skala prioritas sangat berguna agar kamu tak membelanjakan uang untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Begitu gaji diterima, segera buat pos-pos yang rinci; berapa banyak untuk kebutuhan pribadi, menabung, rekreasi, asuransi, dana darurat, dan lain-lain.

3. Berbisnis

Jika saat ini kamu masih berstatus karyawan dengan gaji minimal, jangan berkecil hati. Kamu tetap bisa merdeka secara finansial dengan cara membuka usaha. Bisnis akan menghasilkan passive income yang bahkan nilainya bisa lebih besar dari gaji bekerja di perusahaan.

Ada banyak bidang usaha yang bisa kamu tekuni. Namun, sebelum memulai ada baiknya kamu melakukan survey pasar terlebih dulu.

4. Investasi

Seseorang tak bisa dikatakan merdeka secara finansial kalau dirinya tidak memiliki aset yang diinvestasikan. Investasi sangat penting untuk menjamin kelangsungan hidup di masa depan, sebab kita hidup di zaman yang serba tidak pasti.

Ada banyak produk/bentuk investasi yang bisa dipilih, mulai dari saham, reksa dana, emas, properti, serta investasi berbasis online seperti GandengTangan. Pilihlah yang sekiranya memiliki profil risiko yang rendah dan paling sesuai dengan kebutuhan.

Asal mau berkomitmen menerapkan tips di atas, merdeka finansial bagi milenials bukan sesuatu yang mustahil, kok. Selamat berbenah!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *