MarketingWirausaha

5 Cara Ampuh Jualan Laris Secara Online

5 Cara Ampuh Jualan Laris Secara Online

Di saat toko offline tidak lagi menjanjikan pemasukan yang stabil, kamu bisa mulai memanfaatkan teknologi dan mulai beralih berjualan secara online! Bermodalkan kuota dan smartphone, pendapatan kamu bisa melonjak dibanding sebelumnya, lewat 5 cara ampuh jualan laris secara online di sini. Simak selengkapnya di paragraf selanjutnya ya!

 

Psst, beberapa cara di bawah ini, Gita akan infokan juga beberapa platform online yang bisa kamu gunakan untuk berjualan. 

1. Manfaatkan media sosial pribadi

Media Sosial - 5 Cara Ampuh Jualan Laris Secara Online

Kalau kamu belum mau membuka toko online di platform e-commerce dan masih mencari target pasar yang cocok dengan produk jualanmu, silakan memanfaatkan media sosial! Iya, kamu bisa mulai mengunggah produk jualanmu dan membuka pre-order di media sosial. Repost juga review dari teman-teman kamu yang sudah membeli produk kamu. Karena meskipun ada kecanggihan teknologi, review atau testimoni dari pelanggan menjadi salah satu marketing yang paling baik! (atau words of mouth).

Dengan mengunggah di media sosial pribadi, kamu enggak hanya meningkatkan penjualanmu, tapi juga meningkatkan rasa kepercayaan pembeli kepada produk-produk yang kamu jual saat meihat repost Instastory-mu. Sekaligus mengumpulkan massa atau target customer yang sesuai dengan produkmu. Jadi, setelah sudah cukup banyak, kamu bisa pindah ke platform lain untuk berjualan.

2. Membuat akun di platform belanja online (e-commerce)

5 Cara Ampuh Jualan Laris Secara Online

Setelah berhasil berjualan online di media sosial dan mengumpulkan target customer, kamu bisa membuat toko online di platform belanja online seperti Shopee, Tokopedia, Blanja, dan sebagainya. Infokan juga di media sosial kalau produk kamu bisa dibeli di platform ecommerce. Dari sana, kamu bisa memanfaatkan fitur yang ditawarkan, misal memasang iklan di platform tersebut. Sehingga akan ada banyak orang yang datang mengunjungi profilmu.

Tapi sebelum itu, pastikan profil toko kamu juga menjanjikan dengan mengunggah foto produk yang jelas dan menarik ya. Selain itu, fast-response dan update stok yang kamu miliki! Yep, cepat menanggapi pembeli adalah salah satu hal yang mesti dimiliki oleh para seller sukses. Agar bisa menumbuhkan rasa percaya kepada pelanggan. Update stok kamu, kalau ternyata sudah habis atau ada yang baru. Jadi, pembeli tidak kecewa kalau ternyata produk yang sudah dipesan dan ditunggu ternyata habis.

3. Respon pelanggan dengan ramah dan cepat

Responsif - 5 Cara Ampuh Jualan Laris Secara Online

Sudah bukan rahasia lagi, kalau mau bisa sukses menjadi penjual, kamu harus mengutamakan pelanggan. Untuk itu, berikan respon yang cepat dengan menyapa dan membalas chat mereka. Manfaatkan juga fitur broadcast yang ada di platform ecommerce untuk memberikan voucher promo kepada mereka. Dengan begitu, pelanggan bisa merasa lebih spesial dan tertarik untuk kembali membeli produk yang kamu jual.

4. Perkuat branding dengan nama toko, logo, dan foto produk yang kece

Branding - 5 Cara Ampuh Jualan Laris Secara Online

Nama toko dan logo enggak kalah penting. Setidaknya buatlah nama atau logo yang gampang diingat dan menggambarkan ciri khas dari toko kamu sendiri. Sehingga pelanggan bisa mengingat toko jualanmu. Nama toko, logo, dan akun IG toko bisa kamu buat menjadi sticker dan ditempel saat packaging produkmu. Sehingga info tentang toko kamu bisa muncul saat para pelanggan memberikan review atau testimoni di media sosial. Jadi, orang-orang bisa ikutan tertarik untuk membeli produkmu.

Selain itu, tampilan foto produk juga jadi bagian dari branding yang wajib kamu tingkatkan. Yep, selain nama toko yang unik dan logo, yg gampang diingat, foto produk yang kece dan artsy juga perlu masuk list selanjutnya untuk bisa memperkuat branding tokomu. Jangan ambil gambar yang buram dan tidak jelas. Cobalah ambil foto produkmu dengan latar belakang warna polos, misal putih. Atau cari latar belakang yang menunjukan alam atau sesuaikan dengan produk yang dijual. Lebih mudahnya, kamu bisa menggunakan kotak putih seperti di gambar. Tenang, enggak perlu kamera canggih, kamu bisa menggunakan smartphone, kok.

5. Pertahankan pelayanan yang baik untuk pelanggan

Pelayanan - 5 Cara Ampuh Jualan Laris Secara Online

Yang terakhir, kamu mesti mempertahankan pelayanan yang baik untuk pelanggan. Misalnya seperti, merespon chat pelanggan dengan cepat, memberikan informasi di deskripsi barang jika stok sudah habis, atau menyapa pelanggan dan memberikan voucher toko melalui fitur chat. Yang paling penting itu adalah responsif. Mungkin banyak dari pelanggan yang masih belum tahu atau belum percaya untuk membeli barang di toko kamu, nah kamu mesti responsif dan tekun untuk melayani mereka.

Dari kesemuanya, kamu harus komitmen, konsisten, dan bekerja dari hati, Sahabat GandengTangan. Karena kalau kamu mengerjakan dari hati, semua akan terasa lapang. Beralih dari toko offline ke toko onlline memang bukan cara yang mudah. Tapi lewat 5 cara ampuh jualan laris secara online ini, kamu bisa mulai melangkah lebih maju untuk mencapai kesuksesan. 

Jadikan kegagalan sebuah pelajaran dan bangkit kembali untuk evaluasi dan melakukan strategi baru. Selamat mencoba, Sahabat GandengTangan!

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.