Wirausaha

5 Cara Sukses Berwirausaha Bagi Pemula

5 Cara Sukses Berwirausaha Bagi Pemula

Sukses dalam berwirausaha bukanlah hal yang mudah, tapi kamu bisa mewujudkannya dengan 5 cara berikut ini.

Berkomitmen berwirausaha sangat diperlukan untuk kamu yang mau memulai usaha dari sekarang. Tanpa rasa komitmen, usaha kamu bisa jadi tidak bertahan lama. Alhasil, gagal sukses berwirausaha dan enggak berjangka panjang. Untuk itu, kamu perlu memahami betul, kenapa kamu memutuskan untuk mulai berwirausaha dan bidang apa yang ingin kamu terjuni.

Sukses berwirausaha menjadi impian semua para pebisnis. Nah, buat pemula yang mengidam-idamkan menjadi sukses berwirausaha perlu tahu 5 cara berikut ini:

1. ‘Kenapa kamu memulai wirausaha?’ 

Dalam melakukan berbagai hal, biasakan untuk memulai dengan pertanyaan ‘WHY’, ‘kenapa kamu memulai wirausaha?’, apa yang ingin dicapai? Jawaban dari pertanyaan tersebut akan menjadi alasan utama kamu bisa menjadi seorang wirausaha dan menjadi tujuan dari usaha yang akan kamu buat, sehingga bisa bertahan lama. 

Biasanya, wirausahawan akan punya jawaban yang sama, yang membuat perbedaan adalah bagaimana mereka mewujudkan WHY tersebut untuk menjadi kenyataan. Untuk itu, perlu banget menjawab pertanyaan WHY sebagai pemicu untuk bisa terus berusaha agar bisa sukses berwirausaha.

2. Pahami keunggulan/aset yang kamu miliki

Untuk bisa sukses berwirausaha, hal ini lah yang menjadi pembeda antara kamu dan wirausaha yang lain. Makanya, perlu banget untuk memahami diri sendiri dan mengetahui keunggulan apa yang kamu miliki secara personal, teamwork, hingga produk yang akan kamu tawarkan.

Caranya gimana? Kamu bisa mulai dengan membuat SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat) untuk mencari tahu value apa yang bisa kamu gali untuk bisa meningkatkan wirausaha mu sendiri.

3. Lakukan riset untuk mencari selera sesuai target pasar

Sebelum membangun wirausaha, biasakan untuk melakukan riset pasar agar bisa mengetahui konsumen yang kamu targetkan dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Sehingga kamu bisa membuat inovasi baru untuk produk yang ingin kamu buat dan tepat sasaran di hati konsumen. Atau kamu juga bisa mencari tahu cara kompetitor melakukan pemasaran produk. Yang pasti, tujuan dari riset ini adalah untuk bisa melakukan inovasi dan mengetahui kesempatan yang bisa kamu ambil.

Misalnya, Gita membuat wirausaha menjual pakaian daster. Berarti Gita mesti riset dulu, corak daster seperti apa yang paling banyak diminati para konsumen yang Gita targetkan, yakni ibu-ibu yang sering di rumah. Caranya, dengan memperhatikan daster ibu-ibu di rumah, atau dengan melihat kompetitor yang ada di platform belanja online. Nah, kalau target konsumen kamu adalah daster untuk anak muda, maka kamu bisa riset dengan membuat polling di media sosial, karena di media sosial banyak anak muda. 

4. Pisahkan keuangan usaha dengan pribadi

Keuangan usaha juga perlu dibahas sebelum kamu memulai wirausaha, Sahabat GandengTangan. Jangan sampai profit yang didapat dari hasil wirausaha-mu justru digunakan untuk kebutuhan sehari-hari ya. Untuk itu, kamu perlu memisahkan rekening untuk kebutuhan usaha dengan pribadi. Profit dari usaha bisa kamu putar kembali untuk menjadi modal atau untuk melakukan pemasaran secara online atau membuat iklan atau ads

Dengan lebih bijak mengatur keuangan usaha dan pribadi, kamu juga jadi bisa melihat apakah keuangan usahamu sudah sehat, dengan banyak menghasilkan profit? Atau sebaliknya. Ditambah lagi kalau kamu butuh modal, kamu bisa memikirkan beberapa platform yang menawarkan pinjaman online yang aman dan terpercaya. Salah satunya di platform P2P Lending, GandengTangan. Kamu bisa mengajukan pinjaman hingga Rp50juta. Namun kamu bisa mengajukan pinjaman online saat usaha kamu telah berjalan ya.

5. Konsisten dan komitmen

Kunci sukses berwirausaha ini mungkin sudah menjadi salah satu hal yang paling awam. Iya, konsisten dan komitmen. Tanpa kedua hal itu, kemungkinan untuk gulung tikar semakin besar. Bagi pemula, kamu bisa mulai dengan modal kecil untuk usahamu, seperti yang dijelaskan dalam artikel ini. Yang pasti, mulai dari diri sendiri untuk bisa konsisten dan komitmen. Sehingga ketika kamu menjalankan usaha, semuanya akan mengikuti alur yang sudah kamu rencanakan, berkat sikap konsisten dan komitmen ini.

Namun konsisten dan komitmen ini enggak memungkiri kamu untuk tetap berinovasi ya. Inovasi tetap dibutuhkan agar bisa meningkatkan pelayanan produk dan kepada konsumen. Sehingga angka permintaan  bisa terus meningkat. Yang pasti peran diri sendiri dan leadership sangat penting selama kamu memulai wirausaha, Sahabat GandengTangan.

Itu dia 5 cara berwirausaha bagi pemula, yang bisa kamu aplikasikan. Dari semua tips di atas, yang paling penting itu adalah usaha dari diri sendiri. Seperti yang sempat Gita infokan, kalau peran diri sendiri sebagai orang yang berwirausaha sangat penting untuk kesuksesan usahamu. Jadi, pantang menyerah dan terus berinovasi ya!

Selain membuka usaha, kamu juga bisa menambah pendapatan dengan cara ini, lho.

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.