5 Hal Positif yang Bisa Kamu Lakukan Selama #dirumahaja

Sejak adanya pandemi Covid-19 ini, banyak banget hal yang berubah di sekeliling kita. Jadi mulai kangen dengan rutinitas sehari-hari, kecuali macetnya Ibukota, DKI Jakarta, ya ehehe. Namun di balik semua hal yang dirindukan, ada juga hal positif yang bisa kamu lakukan selama masa physical distancing #dirumahaja. 

Hampir sebulan sudah pandemi Covid-19 dan beraktivitas #dirumahaja. Tanpa sadar ada rutinitas baru yang sebelumnya enggak dilakukan sebelum adanya virus corona ini dan akhirnya bisa berakhir menjadi kebiasaan baru buat kita. Ternyata, setelah 21 hari menjalankan suatu hal secara berulang-ulang bisa menjadikan kebiasaan baru atau habit, lho.

Nah, dari fakta tersebut, kamu bisa mulai melakukan 5 hal positif ini selama #dirumahaja.
1. Banyak waktu bersama keluarga

Kalau biasanya berangkat dan pulang kerja enggak sempat bertemu dengan keluarga, sekarang kamu punya lebih banyak waktu untuk bercengkrama bersama mereka. Sebab kamu menghabiskan 24 jam penuh di rumah. Dipotong dengan 9 jam kerja dan beristirahat, kamu tetap punya banyak waktu untuk mereka.

Jadi, manfaatkan waktu ini untuk lebih mengenal keluarga dan saling menjaga satu sama lain, Sahabat GandengTangan. Entah dengan menonton film streaming bersama atau sekedar berbagi cerita bersama mereka.

2. Evaluasi diri (secara personal maupun keuangan)

Di saat seperti ini bisa kamu manfaatkan waktu dengan mengevaluasi diri sendiri. Maksud dari ‘mengevaluasi diri sendiri’ itu beragam ya, Sahabat GandengTangan. Bisa mengevaluasi diri secara personal, keuangan, ataupun masalah pekerjaan. Lebih baiknya lagi jika kamu membuat jurnal keseharian kamu selama sehari-hari. Dengan begitu bisa mempermudah kamu untuk melakukan evaluasi.

Lewat hal positif ini bisa membawa kamu menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya dan enggak lagi-lagi mengulang kesalahan yang sama. Hal ini juga bisa dilakukan untuk mengevaluasi keuanganmu selama #dirumahaja.

3. Mengeksplorasi hal baru, peluang bisnis online

Dengan di rumah aja kamu bisa mulai kembali melakukan hobi, yang enggak sempat kamu lakukan sebelumnya. Salah satunya dengan membaca buku yang belum sempat kamu lakukan dan mengikuti kelas online yang bisa menambah ilmu pengetahuan kamu. Atau kamu bisa juga mengasah hobi yang kamu miliki, siapa tahu bisa menghasilkan cuan atau keuntungan lewat peluang bisnis online.

Misalnya, kamu suka masak, kalau kamu percaya diri dengan hasil masakan kamu yang enak, kamu bisa coba buka pesanan. Uang yang didapat bisa kamu simpan untuk dana darurat. Hal positif tersebut bisa membawa rejeki juga buat kamu!

4. Banyak waktu ‘Me time’

Kalau biasanya kamu enggak bisa menikmati kehidupan secara perlahan, sekarang ini waktunya kamu untuk ‘me time’! Iya, take your time to enjoy your daily life. Ada waktunya kamu enggak se-hustle atau buru-buru seperti biasanya

Kamu bisa manfaatkan waktu ini dengan lebih menikmati stillness atau berdiam diri, menikmati dunia sekitar yang ada di sekeliling kamu. Sering-sering melihat langit juga bisa jadi hal positif untuk meningkatkan mood kamu, Sahabat GandengTangan.

5. Lebih rutin berolahraga dan meditasi

Nah, yang terakhir ini mesti masuk ke dalam kegiatan sehari-hari kamu, Sahabat GandengTangan! Yep, berolahraga! Sebelum mulai bekerja di rumah, pastikan kamu bangun lebih pagi dan berolahraga di rumah atau meditasi. Dengan begitu, tubuh kamu juga enggak kaget karena dipaksa untuk langsung bekerja setelah bangun tidur.

Jadi, biasakan untuk pemanasan tubuh dulu sebelum bekerja ya. Hal positif ini juga membantu kamu untuk bisa fokus saat bekerja. 

Dari kelima hal positif di atas, mana aja yang sudah kamu lakukan, Sahabat GandengTangan? Tetap jaga kesehatan ya, secara mental maupun fisik. Selain melakukan investasi berupa uang, investasi diri sendiri juga enggak kalah penting untuk masa depan kamu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.