InspirasiRamadan

5 Ide Bisnis Menguntungkan di Bulan Ramadan!

5 Ide Bisnis Menguntungkan di Bulan Ramadan!

Sebentar lagi bulan Ramadan akan tiba, Sahabat GandengTangan! Sudah mempersiapkan apa aja nih? Coba mulai dengan persiapan berikut ini di rumah ya. Selain itu, mulai dari sekarang kamu juga bisa mulai mempersiapkan modal usaha untuk bisnis di bulan Ramadan nanti. 

Usaha bisnis apa, Git?

Seperti yang kita ketahui, di bulan Ramadan akan ada banyak bisnis kecil bermunculan. Salah satunya dengan berjualan hidangan berbuka puasa. Nah, kamu juga bisa menggunakan momen ini untuk memulai bisnis kecil dengan 5 ide bisnis yang akan Gita berikan di artikel ini. 

Lewat ide bisnis ini pula, kamu bisa mendapatkan keuntungan besar di bulan Ramadan, meskipun di tahun ini akan sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Tapi enggak usah khawatir, manfaatkan teknologi untuk melakukan pemasaran ya, Sahabat GandengTangan!

5 ide bisnisnya apa aja, Git? Yuk, simak 5 ide bisnis yang menguntungkan di bulan Ramadan!

1. Berjualan takjil/hidangan berbuka puasa

Meskipun terlihat mainstream, bisnis ini tetap paling menguntungkan dibandingkan ide bisnis lainnya, lho. Supaya bisa terlihat lebih beda dari yang lain, kamu mesti punya salah satu ciri khas yang hanya dimiliki oleh tokomu, Sahabat GandengTangan.

Misal, kalau biasanya bisnis lain menjual pastel hanya menggunakan sayuran saja, kamu bisa coba menjual pastel berisi makaroni, telur, dan mayones. Nah, dalam waktu 2 minggu ini, kamu juga bisa mulai untuk coba membuat menu apa yang pas dan paling dicari oleh masyarakat zaman sekarang, sekaligus mengumpulkan target marketing lewat media sosial.

2. Usaha kue kering

Memang Hari Raya Idulfitri masih jauh, tapi ada baiknya mulai dari sekarang, kamu mulai riset kecil-kecilan, nih. Dari sekian banyak kue kering, kira-kira masyarakat paling banyak membeli menu kue kering yang mana saja. Selain itu juga sesuaikan dengan keahlian yang kamu miliki. Atau supaya bisa lebih menarik lagi, kamu bisa menjual kue kering dengan bentuk yang beragam.

Ditambah lagi, ide bisnis ini sangat bisa menguntungkan untuk kamu yang jago memasak. Meskipun #dirumahaja, cemilan ini tetap jadi kudapan wajin di Hari Raya Idulfitri dan di rumah bersama keluarga tersayang. 

3. Usaha busana muslim

Meskipun sudah dipastikan kalau ibadah perayaan hari raya akan dilaksanakan di rumah masing-masing, enggak ada salahnya, kan, untuk tetap tampil kece dan stylish di rumah? Kita masih bisa gunakan baju lebaran kita untuk berfoto-foto bersama keluarga dan digunakan untuk video call bersama keluarga. 

Ide bisnis ini masih bisa kamu lakukan untuk menambah penghasilanmu di bulan Ramadan nanti, Sahabat GandengTangan. Mulai dari sekarang kamu bisa mulai mencari toko yang bagus dan menjadi reseller atau dropshipper

4. Bisnis perlengkapan ibadah

Salah satu ide ini juga bisa memberikan peluang bisnis yang mengutungkan untuk kamu selama bulan Ramadan. Yep, menjual perlengkapan ibadah. Dengan #dirumahaja, aktivitas ibadah kamu juga tentunya akan sering dilakukan di rumah aja. Biar enggak bosen dengan mukena, sarung, atau baju koko yang itu-itu saja, bisnis perlengkapan ibadah ini juga bisa menjadi tambahan penghasilanmu, agar mereka bisa tetap punya perlengkapan mukena yang beragam.

5. Parsel lebaran

Dengan #dirumahaja, parsel lebaran jadi pilihan utama untuk tetap menjalin silaturahmi dengan keluarga maupun kerabatmu, meski tidak bisa bertemu secara langsung. Jadi, ide bisnis parsel lebaran, bisa sangat menguntungkan keuanganmu. Perlihatkan juga kalau parsel lebaran di toko kamu berbeda, unik, dan lebih menarik dibanding toko parsel yang lain ya. Sehingga orang-orang juga bisa tertarik untuk membeli parsel lebaran di tempat kamu.

Dari kelima ide bisnis di atas, yang mana nih kira-kira yang pas dan menguntungkanmu? Karena bulan Ramadan ini tetap #dirumahaja, jangan lupa untuk memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin yaa!

Kalau kamu enggan untuk memulai bisnis di bulan Ramadan, kamu bisa melakukan hal lain untuk menambah penghasilanmu lewat cara lain (baca selengkapnya di sini). Atau kamu juga bisa mendukung dan membantu para pengusaha mikro Indonesia untuk memberikan pendanaan modal. Sehingga bisnis mereka tetap berjalan meskipun di tengah pandemi Covid-19 ini.

Yuk, mulai dukung pengusaha mikro Indonesia agar tetap berjalan!

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.