5 Jenis Wirausaha Modal Kecil Online yang Bisa Anda Jalankan

Ingin punya bisnis tanpa banyak modal? 5 jenis wirausaha modal kecil online ini solusinya. Penasaran? Simak berikut ini, yuk.

Bagi pemula, memulai usaha dengan modal minim menjadi langkah terbaik untuk meminimalisasi kerugian apabila bisnis tidak berkembang. Sementara itu, di era teknologi seperti sekarang, kehadiran media sosial dinilai membuka peluang bagi 5 jenis wirausaha modal kecil online berikut ini.

1. Dropshipper
Pernah dengar istilah dropshipper? Merupakan salah satu jenis wirausaha modal kecil, sebagai dropshipper Anda hanya perlu memasarkan dagangan tanpa melakukan stok atau pengiriman barang. Ya, dalam dunia jual beli, dropshipper menjadi penghubung antara pembeli dengan supplier. Di sinilah bedanya dropshipper dengan reseller.

Selain itu, bila reseller bisa dilakukan secara online ataupun offline, bisnis dropship umumnya hanya dilakukan secara online karena dropshipper tidak memiliki stok barang. Tertarik menjadi dropshipper? Carilah supplier dan daftarkan diri Anda sebagai dropshipper. Supaya memperoleh keuntungan besar, jangan lupa pilih supplier yang menjual barangnya dengan harga murah.

2. Jasa Desain
Ide bisnis modal kecil selanjutnya adalah membuka jasa desain. Untuk Anda yang gemar menggambar, kini Anda bisa memperoleh penghasilan dari hobi tersebut dengan cara freelancer jasa desain online. Hanya dengan memajang portofolio melalui marketplace seperti Sribu, Fiverr, dan 99designs, Anda pun berpeluang mendapatkan keuntungan besar tanpa mengeluarkan banyak modal. Menjadi freelancer online juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan klien dari luar negeri.

Sekarang ini, jasa desain banyak dibutuhkan, baik untuk membuat logo, kartu nikah/ulang tahun, desain antarmuka pengguna website/aplikasi, hingga jasa desain interior.

3. Produk Affiliate
Cara kerja product affiliate hampir sama dengan dropshipper karena tidak perlu melakukan stok barang. Bedanya, Anda hanya melakukan promosi bukan menjual. Seluruh proses transaksi hingga pengiriman barang akan dilakukan oleh penjual. Sebab itu, salah satu keuntungan bekerja sebagai product affiliate adalah Anda tidak bertanggung jawab atas komplain dari konsumen mengenai produk yang dijual.

Umumnya produk affiliate dilakukan secara online yakni melalui media blog. Keuntungan yang diperoleh akan dihitung berdasarkan jumlah transaksi yang terjadi karena promosi yang Anda lakukan. Artinya, bila tidak ada transaksi, maka tidak ada komisi.

4. Jasa Titip
Hobi jalan-jalan cenderung membutuhkan banyak uang. Sebaliknya, kesempatan untuk memperoleh uang tambahan dari hobi traveling bisa didapatkan apabila Anda membuka jasa titip (jastip). Bagi mereka yang gemar bepergian, jasa titip dinilai menjadi jenis wirausaha modal kecil yang menguntungkan. Proses promosinya pun bisa dilakukan secara online seperti melalui Instagram.

Cara melakukan jasa titip juga terbilang mudah. Anda tinggal mendatangi tempat-tempat belanja kemudian foto produk-produk yang sedang promo, lalu unggah ke halaman Instagram.

5. Translator dan Penulis Online
Bagi Anda yang menguasai bahasa asing atau pandai dalam merangkai kata-kata, dua pekerjaan terakhir ini jelas tidak membutuhkan banyak modal. Ya, bermodal jaringan internet, Anda sudah bisa menawarkan jasa translate atau penulis online. Selain menggunakan media sosial sebagai tempat promosi, Anda juga bisa memanfaatkan marketplace seperti Sribu untuk mendapatkan klien.

Nah, selain dari 5 jenis wirausaha modal kecil di atas, peluang untuk memperoleh uang tambahan juga bisa dilakukan dengan investasi online modal kecil dan rendah risiko. Salah satu contohnya adalah investasi P2P lending melalui platform GandengTangan. Untuk keterangan lebih jelas, silakan klik di sini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.