5 Kebiasaan Kecil ini Bisa Buat Kamu Makin Kaya!

5 Kebiasaan Kecil ini Bisa Buat Kamu Makin Kaya!

Tahu nggak, kebiasaan kecil yang kamu lakukan setiap hari tuh punya dampak yang besar, lho. Yup, dalam buku James Clear yang berjudul Atomic Habits, kamu akan memahami betapa besarnya dampak kebiasaan yang kita lakukan dalam sehari-hari, sehingga membangun kepribadian kita menjadi seperti sekarang.

Membahas kebiasaan atau habit, ternyata, ada, lho, kebiasaan kecil yang bisa membuat kita menjadi semakin kaya, Sahabat GandengTangan! Mau tahu 5 kebiasaan kecil tersebut apa saja?

Simak selengkapnya di sini, yuk!

1. Mengumpulkan uang receh di kantong

Siapa yang sering melakukan ini? Mungkin dari kita suka enggak sadar, setelah melakukan transaksi secara tunai, ada beberapa uang kembalian yang hanya kita taruh di dalam kantong, meja, tas, atau bahkan buku

Mungkin terlihat sepele karena hanya uang koin atau uang kertas yang nominalnya sedikit, tapi kalau kamu kumpulkan dan ditaruh di celengan, bisa jadi tabungan kecil kamu ketika sedang membutuhkan uang, lho.

2. Baca artikel/koran/buku setiap pagi

Bangun tidur ku terus…cek HP? Hayo, siapa yang punya kebiasaan seperti ini? Kebiasaan ini bisa jadi kebiasaan yang positif kalau ternyata kamu mengecek HP untuk sekedar membaca berita di HP. Yep, kebiasaan kecil ini bisa menambah wawasan kamu seputar pengetahuan umum. Atau ada juga nih, yang terbiasa membaca buku sebelum tidur. 

Dengan terbiasa membaca secara digital maupun non-digital bisa membuat kamu lebih kreatif dan merangsang pola pikir kamu juga, sehingga bisa membuat diri kamu semakin kaya akan ilmu pengetahuan. Hitung-hitung sekalian menginvestasi diri sendiri, kan?

3. Bantu usaha mikro di P2P Lending

Awalnya nyoba sesekali, terus ketagihan, mau coba lagi. Pernah nggak merasakan itu? Dengan melakukan pendanaan di p2p lending, kamu bisa merasakan hal tersebut, GandengTangan. Gimana enggak, selain bisa melakukan investasi online, kamu juga telah melakukan hal baik dengan mendukung usaha mikro Indonesia agar tetap berjalan dengan memberikan pendanaan modal untuk mereka. 

Apalagi di situasi pandemi Covid-19 ini banyak sekali pengusaha mikro Indonesia yang pendapatannya menurun. Untuk itu, lewat kebiasaan kecil ini, bisa sangat membantu mereka dan menambah pendapatan kamu!

The more you repeat a behavior, the more you reinforce the identity associated with that behaviour! – James Clear

Sebenarnya, masih banyak kebiasaan kecil lainnya yang bisa membuat kaya. Tapi dari tiga dan berbagai kebiasaan kecil yang sudah kamu lakukan, ada kunci yang bisa menjadikan hidup kamu lebih kaya secara finansial maupun non-finansial, yaitu mengubah perspektif terhadap diri sendiri. Caranya jawab pertanyaan ini: Kamu ingin menjadi orang yang seperti apa? Dan buktikanlah pada dirimu sendiri. Dari jawaban tersebut, baru deh kamu jabarkan kebiasan kecil apa saja yang dilakukan oleh orang tipe tersebut.

Jadi, kalau kamu mau mencapai kebebasan finansial, maka lakukanlah hal-hal yang biasa dilakukan oleh mereka, yang telah berhasil mencapai kebebasan finansial. Seperti melakukan investasi tiap bulan, membuat dan melakukan bujet sesuai rencana, menyisihkan dana darurat, dan sebagainya. Kalau kamu enggak bisa merubah perubahan kecil itu, proses kamu akan sulit untuk mencapai kebebasan finansial. Dengan kebiasaan kecil yang kamu lakukan juga mengajarkan kamu untuk percaya pada diri sendiri.

Selamat mencoba, Sahabat GandengTangan!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.