Keuangan

5 Kebutuhan yang Perlu Kamu Utamakan Saat Mengatur Keuangan

5 Kebutuhan yang Perlu Kamu Utamakan Saat Mengatur Keuangan

Begitu banyak kebutuhan yang perlu dipenuhi, tapi yang mana yang harus ditentukan? Kita cari tahu jawabannya dalam artikel ini ya!

Kebutuhan setiap orang berbeda-beda, tergantung dengan cara hidup kita masing-masing. Tapi, pada dasarnya, untuk bisa mengatur keuangan dengan baik, Gita punya 5 kebutuhan yang perlu kamu utamakan.

Kelima kebutuhan yang akan Gita sampaikan ini merujuk dari buku Budgeting 101 karya Michele Cagan, CPA. Seperti judulnya, buku tersebut banyak membahas terkait budgeting atau rencana keuangan. Mulai dari definisi hingga pengalamannya dalam mengatur bujet. Tanpa berlama-lama, mari kita bahas 5 kebutuhan yang perlu diutamakan saat mengatur keuangan:

1. Rumah

Yep, hal pertama yang mesti kamu utamakan adalah membayar cicilan rumah atau uang sewa/kontrakan. Rumah menjadi hal yang mesti kamu penuhi dan utamakan saat mengatur keuangan. Jangan sampai merelakan satu hal ini dengan yang lain ya.

2. Keperluan

Hal kedua yang perlu diutamakan adalah keperluan yang mesti kamu penuhi setiap bulannya. Seperti, bayar listrik, gas, dan air. Dari semua kebutuhan yang sudah Gita sebutkan adalah hal yang mesti kamu penuhi karena tanpa itu semua, kamu enggak bisa melakukan aktivitas seperti biasa di rumah.

3. Pengeluaran yang berkaitan dengan rumah

Maksud dari pengeluaran no.3 ini adalah seperti membayar pajak rumah atau membayar suatu hal yang berkaitan dengan rumah, dimana tanpa membayar hal tersebut, kamu akan kehilangan tempat tinggal. Hal ini bisa termasuk dalam membayar cicilan dan rumah menjadi jaminannya.

4. Keperluan pekerjaan

Hal keempat yang mesti masuk dalam prioritasmu adalah membeli hal-hal yang diperlukan untuk meningkatkan skill dan menunjang pekerjaanmu. Yep, pekerjaan adalah sumber pendapatan-mu. Jadi, maksimalkan keahlianmu agar bisa mendapatkan tawaran promosi, sehingga gaji kamu bisa semakin meningkat. Tapi kalau gaji meningkat, gaya hidup juga jangan meningkat ya! hehehe

5. Meminimalisir pinjaman uang

Nah, yang kelima ini, kalau kamu punya cicilan kredit atau meminjam orang dengan orang lain, mesti kamu bayar segera ya. Apalagi kalau ada bunga, jangan sampai kamu menabung bunga di orang lain. Jadi, usahakan untuk menghindari pinjaman dengan biaya yang besar atau bahkan biaya yang enggak bisa kamu lunasi.

Dari kelima prioritas di atas, sekarang kamu sudah tahu, kan mana yang harus didahului? Kelima hal di atas juga hal yang kamu butuhkan, bukan keinginan ya. Kamu mesti bisa membedakan hal tersebut. 

Kalau kamu lagi mencari tambahan pendapatan bisa langsung coba mendanai di platform p2p lending, GandengTangan. Hanya dengan Rp50ribu kamu bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15,6% per tahun. Jangan khawatir, di platform GandengTangan ada asuransi proteksi pendanaan, kok. 

Selamat mencoba, Sahabat GandengTangan!

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.