Keuangan

5 Kendala yang Sering Terjadi Saat Ingin Memulai Investasi Online

5 Kendala yang Sering Terjadi Saat Ingin Memulai Investasi Online

Siapa nih yang selalu merasa punya kendala setiap mau memulai investasi online? Ada aja kendala atau godaan untuk mulai investasi. Misalnya, seperti beberapa kendala investasi berikut ini!

Katanya, kalau mau melakukan hal baik itu selalu ada aja godaan yang membuat kita gagal untuk melakukannya. Nah, mungkin hal itu terjadi juga nih, buat orang-orang yang sering kali gagal melakukan investasi. 

Padahal ya, kalau dilihat dari kondisi sekarang, teknologi masa kini sudah sangat canggih, lho. Ditambah lagi, sudah banyak perusahaan berbasis teknologi finansial yang menawarkan investasi online. Mulai dari saham, reksadana, obligasi, emas, hingga p2p lending. Tapi, masih ada kendala berikut ini, yang sering terjadi, saat ingin melakukan investasi online.

Simak selengkapnya di sini!

1. Diskon belanja online

Kendala yang satu ini selalu datang setiap bulan, nih. Iya, salah satu strategi marketing ecommerce ini memang menjadi godaan terbesar untuk jajan impulsif. Alhasil, dana untuk investasi malah dikesampingkan dan dialokasikan dengan memanfaatkan diskonan belanja online.

2. Barang/gadget terbaru

Enggak bisa dipungkiri, teknologi saat ini berkembang begitu cepat. Alhasil, begitu banyak barang elektronik dari bulan ke bulan dengan inovasi yang semakin canggih. Bagi pecinta gadget, pasti selalu kalap dan enggak mau ketinggalan dengan upgrade gadget menjadi yang terbaru. Lagi-lagi dana investasi berpindah alih ke barang/gadget.

3. FOMO (Fearing of Missing Out)

Kendala yang satu ini, suka terjadi buat orang-orang yang enggak bisa ketinggalan dengan barang baru. Iya, misal, bulan ini sedang hype menggunakan celana jeans Boyfriend, karena Gita enggak mau ketinggalan zaman, Gita ikutan membeli celana jeans Boyfriend supaya kekinian. Selain gaya pakaian, FOMO juga bisa terjadi pada kebiasaan kita nongkrong di suatu tempat mahal hingga berupa barang/gadget.

Singkatnya, kamu enggak mau ketinggalan zaman dengan hal-hal terbaru deh, kamu mesti up-to-date. Nah, keinginan beli ini-itu yang jadi kendala untuk melakukan investasi.

4. Voucher promo jalan-jalan

Promo yang menjadi godaan besar juga bukan dari ecommerce aja, nih. Banyak platform travel yang menawarkan promo besar-besaran lewat kegiatan Travel Fair atau campaign lainnya. Harga yang murah ini, lah, yang menjadi kendala banyak orang untuk melakukan investasi. Ditambah lagi, ada banyak fitur yang menawarkan pay later. Per bulan, bukannya untuk menabung masa depan lewat investasi, eh, malah dipenuhi dengan bayar cicilan pay later

5. Belum paham cara investasi online

Kendala terakhir ini, yang cukup banyak juga terjadi di kalangan masyarakat. Yep, belum paham cara investasi online. Meskipun begitu banyak perusahaan teknologi finansial yang menawarkan investasi, ternyata, masih ada juga yang belum paham bagaimana cara memulai investasi. 

Padahal memulai investasi itu mudah, lho. Dengan Rp50ribu saja, kamu sudah bisa mulai investasi untuk tabungan produktif di masa depan. Ditambah lagi, kamu bisa mendapat keuntungan hingga 15,6% per tahun di GandengTangan. Caranya? Gampang banget, ikut aja langkah di sini. Enggak sampai setengah jam, kok. Mudah banget.

Nah, dari berbagai kendala investasi online di atas, kita bisa melakukan evaluasi juga. Mana aja yang jadi kendala terbesar kita untuk melakukan investasi online. Perlu mengecek kondisi keuangan dan kebutuhan pribadi juga. Apakah kamu masih perlu membeli barang tersebut? Atau justru hanya impulsif aja? Ingat, investasi itu untuk kepentingan kamu juga di masa depan. Jangan sampai berhura-hura hari ini dan susah di kemudian hari.

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.