6 Alasan Pentingnya Kamu Memiliki Perencanaan Keuangan

6 Alasan Pentingnya Kamu Memiliki Perencanaan Keuangan

Kenapa penting membuat rencana keuangan? Penting banget, ini dia 6 alasannya!

Mengetahui Iphone X telah dirilis, kamu pun berharap juga dapat memilikinya. Namun apa daya, uang di kantongmu tidak cukup. Ditambah lagi, kamu tidak apik dalam membuat rencana keuangan.

Kemudian kamu mengecek saldo terakhir di tabungan, rupanya angkanya merangkak naik lambat sekali. Waktu terus berjalan dan masih ada banyak target di usia dua puluhan tahun yang belum tercapai. Kamu pun mulai ragu apakah bisa meraih impian tersebut atau tidak. Lagi, lagi, karena enggak bisa membuat rencana keuangan, kamu enggak bisa mendapatkan itu semua.

Jika memang demikian kondisinya, maka tak diragukan lagi kamu butuh perencanaan keuangan. Termasuk orang-orang dengan harta berlimpah, karena perencanaan keuangan juga akan berguna bagi siapapun dengan pendapatan berapapun. Adanya perencanaan keuangan akan memberikan kamu kemudahan dalam berbagai hal dalam hidup. Untuk itu, penting banget membuat perencanaan keuangan untuk keuangan pribadimu yang sehat.

SimakĀ 6 alasan pentingnya kamu memiliki perencanaan keuangan ini:

1. Memperjelas arah tujuan

6 Alasan Pentingnya Kamu Memiliki Perencanaan Keuangan

Penasihat keuangan biasanya akan menanyai apa tujuan keuangan kamu sebelum memberikan saran-saran keuangan. Adanya tujuan ini akan membuat kamu tidak sekadar bekerja, makan, tidur, main, dan berulang terus seperti itu setiap hari. Memiliki rencana-rencana besar untuk masa depan akan membuat hidup kamu lebih bernilai.

2. Menakar apakah targetmu realistis atau tidak

6 Alasan Pentingnya Kamu Memiliki Perencanaan Keuangan

Saat sudah yakin dengan apa yang kamu inginkan di masa depan, kamu pun akan segera mengetahui apakah target tersebut realistis dicapai dalam waktu cepat atau lambat. Kamu juga mudah dalam menentukan seberapa banyak uang yang harus kamu simpan secara rutin, jenis investasi apa yang harus kamu buat, dan seterusnya.

3. Mengoreksi kesalahan keuangan

6 Alasan Pentingnya Kamu Memiliki Perencanaan Keuangan

Saat kamu mulai membuat perencanaan keuangan, maka akan tampak pos-pos mana saja yang selama ini tanpa sadar membuat keuanganmu stagnan. Misalnya, bunga bank yang harus kamu bayar adalah 17%. Nah, apakah investasi yang kamu hasilkan mencapai angka 17% juga?

4. Mengukur pencapaian target

6 Alasan Pentingnya Kamu Memiliki Perencanaan Keuangan

Melalui perencanaan keuangan yang matang, kamu bisa memprediksi dengan lebih akurat kapan targetmu akan tercapai. Mungkin satu tahun, dua tahun, atau lima tahun lagi. Membayangkan hari itu tiba, kamu akan kuat bertahan dengan segala aktivitasmu saat ini.

5. Kreatif menemukan peluang untuk meningkatkan pendapatan

6 Alasan Pentingnya Kamu Memiliki Perencanaan Keuangan

Pada saat menyusun rencana keuangan, kamu mungkin akan menyadari bahwa sebenarnya ada beberapa peluang yang berpotensi untuk menambah pemasukan. Misalnya, setelah dirancang sedemikian rupa, ternyata kamu tetap butuh pendapatan tambahan. Kamu pun secara kreatif akan mencari celah untuk menghasilkan uang dari pos lain, seperti memanfaatkan kemampuan memasak untuk buka catering kecil-kecilan, dan lain sebagainya.

6. Menambah kepercayaan diri akan keuangan

6 Alasan Pentingnya Kamu Memiliki Perencanaan Keuangan

Merencanakan merupakan bagian dari sebuah kesuksesan. Saat kamu memiliki perencanaan keuangan, kamu memiliki kendali atas uang yang keluar dan masuk. Jelas ini akan mengurangi tingkat kecemasan terhadap masa depan.

Seperti kata orang-orang bijak, gagal merencanakan berarti merencakan gagal, maka ada baiknya kamu membuat perencanaan keuangan mulai dari sekarang!

Kamu juga bisa mulai menambah pendapatan dengan investasi modal kecil di platform P2P Lending, GandengTangan. Dengan asuransi proteksi pendanaan dan imbal hasil setara dengan 15,6% bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk kesehatatan keuangan pribadimu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *