7 Kesalahan dalam Mengatur Keuangan

7 Kesalahan dalam Mengatur Keuangan

Sering kali kita melakukan kesalahan dalam mengatur keuangan, meskipun sepele. Namun kalau dilakukan berkali-kali bisa menjadi efek domino dan merasakan dampak yang kurang baik untuk keuanganmu sendiri.

Ditambah lagi mengatur keuangan bukanlah hal yang mudah, namun perlu konsisten untuk bisa menyesuaikan antara rencana dengan praktik yang dilakukan dalam mengatur keuangan. Untuk itu, Gita mau berbagi beberapa kesalahan yang kerap kali terjadi kepada siapa pun saat mengelola keuangan.

Ada apa saja? Simak selengkapnya di sini, yuk!

  • Tidak memiliki dana darurat
    Kesalahan ini cukup umum dan banyak terjadi kepada siapapun, padahal peran dana darurat penting banget, lho, untuk kesehatan keuanganmu!
  • Berbelanja tanpa ada list belanja
    Siapa yang sering overbujet saat berbelanja? Nah, hal ini perlu kamu hindari, jangan terulang. Buat list and stick to the plan!
  • Tidak memiliki tujuan keuangan
    Sama halnya kamu berbelanja tanpa list, yang ada nanti kamu asal beli tanpa tujuan jelas kamu beli barang apa dan untuk masak apa. Jadi, sebelum mulai investasi atau menabung, pastikan kamu punya tujuan keuangan!
  • Melakukan pendanaan online tanpa tahu profil risiko
    Ikut-ikutan orang untuk investasi itu bagus karena kamu bisa melangkah lebih jauh, tapi jangan sampai kamu enggak tahu kondisi keuangan dan profil risiko kamu sendiri. Hal itu wajib kamu ketahui lebih dulu sebelum mulai investasi.
  • Melakukan pendanaan online tanpa memahami risiko
    Sama halnya seperti poin sebelumnya, kamu juga mesti memahami risiko apa yang kamu ambil saat membeli investasi yang kamu pilih.
  • Menggunakan paylater
    Kalau kamu enggak yakin bisa membayar paylater, jangan coba-coba untuk menggunakan fitur tersebut ya. Nanti gaji kamu habis untuk bayar hutang 🙁
  • Meminjam uang/kartu kredit tanpa tahu bagaimana cara melunasinya
    Mirip dengan poin sebelumnya, kamu mesti memikirkan cara juga untuk bisa membayar hutang yang baru saja kamu pinjam. Dan juga, jangan jadikan ‘meminjam uang kepada teman’ sebagai solusi utama ya.

Dari ketujuh kesalahan di atas, kamu paling sering melakukan yang mana, Sahabat GandengTangan? Dengan menghindari 7 kesalahan dalam mengatur keuangan tersebut, bisa membantu kamu dalam mengelola keuangan setiap harinya, lho. Iya, kamu perlahan juga bisa melangkah lebih jauh menuju bebas finansial. Selamat mencoba!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.