Ketika anda sedang dalam proses pemasaran suatu produk usaha anda apakah hal yang pertama kali harus anda lakukan?
Jika anda tidak tahu, bacalah judul artikel ini. Anda harus melakukan riset pasar untuk mengetahui selera pasar dan apa yang sedang menjadi tren di pasaran. Dengan mengetahuinya anda dapat dengan mudah merencanakan cara untuk memasarkan produk usaha anda. Banyak hal yang bisa anda dapatkan dengan melakukan riset pasar sebelum memasarkan produk usaha anda.
Apa sajakah fungsi penting dari melakukan riset pasar sebelum melakukan pemasaran produk usaha? Simak selengkapnya di bawah ini ya!
-
Mencari Tahu Kebiasaan Pasar
Pertama, melalui diadakannya riset pemasaran anda akan mencari tahu kebiasaan pasar sehingga dalam penentuan strategi pemasaran produk lebih tepat sasaran dan lebih terarah. Jadi pentingnya riset pemasaran bagi anda yang memiliki suatu usaha tentunya akan berkaitan dengan penentuan keputusan tentang bagaimana strategi pemasaran yang akan dilakukan. Ketika anda berkeinginan untuk memasarkan produk anda, pastinya anda pernah memikirkan cara apakah yang paling diterima oleh masyarakat. Nah inilah beberapa fungsi yang bisa anda dapatkan dari riset pasar.
-
Menghemat Tenaga dan Material
Kedua, menghemat waktu serta tenaga dan juga tentunya material. Lebih ke arah efisiensi. Anda dapat mengetahui kemana arah dari konsumen anda, dengan begitu langkah dan strategi yang akan anda buat akan jauh lebih terukur dan terencana, kan? Melalui riset pasar anda akan mengetahui apakah kira-kira yang menjadi cara paling efektif untuk memasarkan produk anda. Jadi anda bisa menghemat beberapa persen budget yang anda miliki, karena anda melakukan sesuatu usaha pemasaran yang benar-benar dibutuhkan. Anda bisa menyimpan lebih banyak anggaran ketika melakukan suatu riset pasar. Anda bisa memperhitungkan dengan mudah apa saja yang anda butuhkan utnuk melakukan pemasaran produk usaha anda. Jadi, tidak akan ada lagi langkah-langkah yang tanpa perhitungan.
-
Peluang Pemasaran Tiap Daerah
Ketiga, melihat seberapa besar peluang pemasaran di setiap daerah. Tentunya dalam suatu riset pemasaran anda akan melakukannya secara merata di setiap daerah pilihan, entah dipilih secara acak ataupun sistematis. Anda dapat memanfaatkan jaringan internet sehingga tidak perlu menghabiskan banyak modal untuk langsung mendatangi area yang dimaksud. Anda bisa menggunakan aplikasi survey online dan menyebarkannya ke setiap daerah yang anda inginkan. Sangat mudah diaplikasikan dan tentunya terjangkau. Melalui riset pasar anda bisa sekaligus melihat keinginan pasar tentang suatu produk sejenis. Tentunya hal ini akan memberikan gambaran untuk anda dan usaha anda untuk menciptakan usaha penguatan produk anda.
Itulah beberapa hal yang bisa anda dapatkan dari riset pasar sebelum melakukan pemasaran untuk produk usaha sosial anda. Jangan lupa untuk melakukan survey tentang testimoni produk yang anda keluarkan. Jangan ragu untuk bertanya kepada pihak yang lebih mengerti tentang hal ini.
Jadi bagaimana, langkah manakah yang anda pilih? Masing-masing dari kedua pilihan memiliki sisi postif dan negatif yang bisa anda perhitungkan. Bicarakan hal ini dengan rekan usaha anda untuk mendapatkan solusi terbaik.
Tetap semangat dan salam sukses!
Terima kasih banyak, artikelnya bermanfaat sekali untuk menambah pengetahuan bisnis dan yang terpenting adalah di paragraf terakhirnya. Saran yang cukup bagus, sekali lagi terima kasih:)
Terimakasih, cukup bermanfaat