Ramadan

Alokasi Uang THR-mu Secara Bijak

Alokasi uang THR-mu secara bijak

Mendapatkan uang Tunjangan Hari Raya (THR) adalah waktu yang paling dinanti-nanti saat Ramadan. Selain bisa digunakan untuk bersedekah, kamu juga bisa alokasi uang THR-mu untuk simpanan atau keperluanmu di masa depan nanti. Untuk itu, saat mendapatkan THR, kamu perlu alokasi yang THR tersebut secara bijak.

Gimana cara alokasi uang THR secara bijak? Coba kita lihat lebih detil setelah ini ya!

1. List biaya kebutuhan lebaran

Hal pertama ketika mendapatkan uang THR, kamu mesti membuat catatan atau rencana alokasi uang THR-mu untuk kebutuhan lebaran. Seperti untuk zakat, memberikan THR kepada keluarga, hampers, dan kebutuhan bahan makanan saat lebaran. Semua kebutuhan tersebut, mesti disesuaikan dengan THR yang kamu dapat.Idealnya, list biaya kebutuhan lebaran itu sebesar 50% dari THR yang didapatkan.

2. Pindahkan ke ATM lain

Setelah mendapat info kalau uang THR sudah cair, cek total list biaya kebutuhan lebaran kemudian transfer ke ATM lain. Sehingga kamu enggak akan bisa menyentuh uang THR itu untuk keperluan yang enggak sesuai rencana. Jadi, untuk biaya kebutuhan lebaran akan aman.

3. Alokasikan sisa THR ke instrumen lain

Setengah dari THR yang didapat, alokasikan untuk instrumen lain, yaitu dana darurat, setidaknya sebesar 20-30% dari THR yang kamu dapatkan. Kenapa? Karena dana darurat itu penting sekali, lho, Sahabat GandengTangan. Dengan begitu, kamu bisa memenuhi dana darurat lebih awal dan enggak perlu khawatir untuk kebutuhan sehari-hari di masa depan nanti saat ada keadaan darurat. (Baca: Pentingnya menyisihkan dana darurat)

Instrumen lain setelah dana darurat adalah investasi. Iya, sisihkan 20-30% THRmu untuk mengembangkan pendapatanmu di berbagai instrumen investasi seperti saham, reksadana, emas, maupun P2P Lending. Salah satu platform P2P Lending yang bisa kamu gunakan adalah GandengTangan. Di patform tersebut kamu juga bisa membantu para pengusaha mikro Indonesia untuk mendapatkan modal melalui pendanaan yang kamu lakukan. Ditambah lagi ada fitur Asuransi Proteksi Pendanaan yang bisa kamu gunakan. Jadi, enggak perlu khawatir lagi deh untuk melakukan investasi online.

Jadi, enggak bingung lagi, kan, uang THR mau digunakan untuk apa? Ketiga hal di atas bisa mulai kamu praktikan dan sesuaikan dengan pendapatanmu, Sahabat GandengTangan. Selamat mencoba!

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.