Keuangan

Apa Black Period Bisa Jadi Pilihan Tepat di Masa Krisis Keuangan?

Apa Black Period Bisa Jadi Pilihan Tepat di Masa Krisis Keuangan?

Di saat kondisi keuangan lagi kurang aman, karena pendapatan yang berkurang atau bahkan enggak pasti. Black period bisa jadi salah satu pilihan tepat, Sahabat GandengTangan.

Ada yang pernah dengar kata Black period? Hm, mungkin sebagian dari kita, istilah tersebut masih asing, jadi Gita akan jelaskan secara detil apa definisi dari istilah tersebut dan kenapa melakukan hal tersebut ya. Kamu bisa baca selengkapnya di paragraf selanjutnya!

Black Period

Apa itu Black Period? Black period adalah suatu keadaan di mana seseorang berusaha untuk menekan keinginannya atau bisa dibilang berpuasa untuk membeli barang-barang yang mereka inginkan, seperti pakaian, gadget, dan lainnya.

Kenapa orang mengalami Black Period? Biasanya orang-orang yang mengalami periode ini saat keuangan mereka berantakan, lebih tepatnya, saat gaji selama satu bulan dipotong menjadi 50-25%. Sehingga banyak rencana keuangan yang mulai berantakan. Alhasil, kamu mesti mengatur strategi ulang, instrumen mana yang mesti kamu kurangi untuk bisa meminimalisir bujet bulanan.

Dalam waktu berapa lama? Nah, untuk jangka waktunya sendiri, biasanya itu 1 bulan atau 2 bulan. Tapi tergantung dengan preferensi diri sendiri, Sahabat GandengTangan.

Namun yang pasti, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat mengalami Black period, yaitu:

Evaluasi Keuangan, mengecek kembali pengeluaran dan pendapatan selama satu bulan. Sehingga kamu bisa mengetahui instrumen mana yang tidak diperlukan dan mana yang perlu dipertahankan.

Meminta keringanan untuk bunga hutang, kamu bisa mengajukan keringanan kepada bank atau instansi untuk menurunkan hutang bank yang kamu miliki karena keadaan yang kamu alami sekarang.

Cari pekerjaan tambahan, seperti menjadi pekerja lepas atau freelance. Dengan begitu, kamu mempunyai pendapatan kedua dan bisa memenuhi biaya hidup kamu sehari-hari. Atau kamu juga bisa membuka peluan bisnis dari hobi dan penanaman modal ini, Sahabat GandengTangan.

Dari penjelasan tentang Black Period di atas, kita jadi memahami kalau periode ini bertujuan untuk meminimalisir pengeluaran yang berlebihan. Buat kamu yang merasa saat ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan Black Period, bisa segera mengimplementasikan cara ini dalam rencana keuangan bulan depan. Selamat mencoba!

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.