Cara Membangun Kebiasaan Baru Ala James Clear

Melakukan aktivitas yang sama selama 2 bulan bisa membangun kebiasaan bari, lho. Kamu tahu fakta itu enggak? Pernyataan tersebut menyadur dari penulis buku Atomic Habits, yaitu James ClearDalam bukunya, James Clear menjelaskan bagaimana peran kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari hingga cara membangun kebiasaan baru. Dalam postingan ini, Gita akan menggunakan konteks seseorang yang mau membangun kebiasaan baru untuk bisa mencapat kebebasan finansial.

Ada 4 hal yang diperlukan untuk bisa membangun kebiasaan ala James Clear, yaitu:

  • Make it Obvious

Untuk bisa membangun kebiasaan baru bukanlah hal mudah, maka dari itu kamu perlu membuat kebiasaanmu ini mudah terlihat secara jelas. Contoh, untuk bisa rajin menabung, kamu mesti meletakan celengan di meja dekat kasur atau di tempat yang paling sering dilihat. Dengan melihat celengan, kamu harus meletakan setidaknya sehari Rp10ribu di dalam celengan tersebut. Atau kamu bisa meletakan aplikasi investasi di layar utama/home/folder yang paling sering kamu cek. Dengan begitu, kamu bisa lebih sering melihat dan tertarik untuk melakukan pengembangan dana setiap melihat aplikasi tersebut.

  • Make it attractive

Nah, untuk yang satu ini, kamu mesti membuat kebiasaan yang ingin kamu bangun ini menarik perhatian kamu. Salah satu yang disarankan James Clear adalah mengkombinasikan kebiasaanmu setiap harinya dengan kebiasaan baru. Contoh, kamu senang membaca buku, biasakan setelah selesai membaca buku kamu menaruh uang di celengan. Atau kamu bisa mengkombinasikan dengan kebiasaanu yang lain. Konsepnya akan seperti ini:

Setelah melakukan (kebiasaan A) aku akan (kebiasaan B)

  • Make it easy

Kalau mau mulai melakukan kebiasaan baru, jangan mengambil aksi pertama yang rumit. Coba mulai dari hal kecil. Misal, kamu mau mengumpulkan dana darurat, coba mulai dengan mengumpulkan uang kembalian di celengan. Konsisten, setiap ada kembalian masukin ke dalam celengan. Atau kamu bisa membuat autodebet setiap bulan sekitar 10-20% untuk dana darurat ke rekening yg berbeda. Jadi, enggak perlu ribet untuk membuat reminder per bulan karena sudah autodebet.

  • Make it satisfying

Yang terakhir, buat diri kamu puas setelah melakukan kebiasaan baru tersebut. Misal, selama satu bulan kamu berhasil melakukan semua sesuai rencana keuangan. Sebagai bentuk apresiasi, kamu bisa melakukan hal yang kamu suka untuk membuat diri kamu puas. Misal membuat sushi di rumah atau melakukan hal lain yang kamu sukai.

Dari keempat kunci yang diberikan oleh James Clear, hal yang mesti kamu pahami sejak awal sebelum melakukan kebiasan baru tersebut adalah memastikan kamu ingin menjadi orang yang seperti apa? Kamu ingin rajin membaca, maka kamu ingin menjadi pembaca. Kamu ingin rajin menabung, maka kamu ingin menjadi orang yang hidup dalam kebebasan finansial. Dari identitas tersebut, kamu bisa turunkan kembali kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan untuk bisa mencapai tujuanmu. James Clear selalu menekankan pada proses atau sistem bukan goal atau tujuan. Sebab dalam proses kamu menuju tujuan, 1% perubahan bergerak menjadi lebih baik. Konsisten dan komitmen juga menjadi kunci untuk bisa berhasil membangun kebiasaan baru ini.

Cara Membangun Kebiasaan Baru Ala James Clear
Source: Jamesclear.com

“One percent improvements add up surprisingly fast.”

Dari berbagai tips ala James Clear di atas, kamu bisa mulai membangun kebiasaan baru, Sahabat GandengTangan. Seperti rajin melakukan pendanaan online di investasi jangka pendek seperti GandengTangan. Dari dana tersebut bisa kamu alokasikan untuk mengumpulkan dana darurat, deh.

Selamat mencoba!

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *