Keuangan

Hindari 4 Hal ini Untuk Benahi Keuangan yang Berantakan

Hindari 4 Hal ini Untuk Benahi Keuangan yang Berantakan

Ada 4 hal yang perlu kamu hindari untuk membenahi keuangan yang berantakan. Ingat, hindari 4 hal ini ya!

Berada dalam kondisi keuangan yang berantakan memang bukan hal yang mudah. Apalagi dimita untuk mengatur rencana keuangan. Kalau bukan dari diri sendiri, berbagai tips yang sudah pernah dibaca akan terasa percuma. Di postingan kali ini, Gita mau memberi tahu tentang 4 hal yang perlu kamu hindari untuk membenahi keuangan yang berantakan.

Di antara 4 hal ini, ada yang sering kamu lakukan, nggak? Ayo, coba simak selengkapnya dulu di sini!

1. Skip mengalokasikan untuk dana darurat

Jangan sekali-kali untuk melakukan hal ini, Sahabat GandengTangan. Sekali saja kamu melakukan hal ini bisa membuka kebiasaan buruk yang baru, sehingga kamu bisa terus-terusan enggak mengalokasikan dana darurat setiap bulannya. 

Padahal peran dana darurat untuk keuanganmu tuh penting banget, lho. Salah satunya di saat kondisi keuanganmu enggak stabil karena kondisi eksternal yang juga lagi mengalai penurunan, misal terjadi pandemi Covid-19 ini.

2. Terus-terusan menggunakan kartu kredit

Buat yang punya kartu kredit, pasti ini menjadi salah satu godaan yang cukup besar ya? Karena enggak bisa dipungkiri juga, kalau ada banyak promo yang menggiurkan kalau misalkan kita melakukan pembayaran dengan kartu kredit. Tapi jangan sampai hal ini membuat kamu jadi semakin impulsif, Sahabat GandengTangan.

Untuk itu, kesalahan kedua ini perlu kamu hindari agar keuanganmu bisa tetap sehat dan terjaga sesuai dengan rencana keuanganmu setiap bulannya.

3. Membayar cicilan enggak tepat waktu

Hampir sama seperti poin pertama, kesalahan ketiga ini enggak boleh dilakukan secara berulang. Apalagi untuk hal yang satu ini, kalau kamu terlambat melakukan pembayaran, justru kamu bisa menambah masalah dengan hadirnya bunga keterlambatan yang semakin bertambah.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar kamu bisa melakukan pembayaran tepat waktu biar enggak ada biaya tambahan lain, yang akan mengganggu rencana keuanganmu.

4. Ikut langganan aplikasi yang jarang digunakan

Di tengah pandemi Covid-19 ini, banyak dari kita yang merasa bosan karena #dirumahaja. Alhasil kita mesti mencari cara lain agar tetap bisa nyaman dan tetap produktif di rumah. Salah satu cara yang dilakukan bisa dengan berlangganan aplikasi berbayar, seperti Netflix, Spotify, dan sebagainya. Padahal kenyataannya, saat di rumah justru aplikasi berbayar tersebut jarang sekali digunakan.

Nah, dari kebiasaan itu yang perlu dihindari agar keuangan tetap terjaga di masa pandemi. Sudah waktunya untuk kamu mulai bebenah aplikasi berbayar yang jarang digunakan dan berhenti berlangganan. Meskipun terbilang kebiasaan yang sangat kecil, tapi bisa punya pengaruh untuk keuanganmu di saat seperti sekarang ini, lho.

Dari berbagai kebiasaan yang perlu dihindari di atas, kamu bisa mulai bebenah dan melakukan evaluasi keuangan. Hal mana saja yang perlu dikurangi dan lebih banyak ditambahkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, kamu juga bisa menambah pendapatan lewat berbagai cara, salah satunya pendanaan online di GandengTangan. Hanya dengan Rp50ribu kamu bisa mendapatkan imbal hasil setara hingga 15,6% per tahun. Dan enggak perlu khawatir lagi untuk adanya kendala gagal bayar, karena di GandengTangan kami menawarkan fitur Asuransi Proteksi Pendanaan yang bisa kamu gunakan di setiap transaksi!

Selamat mencoba, Sahabat GandengTangan!

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.