Ini Alasan dan Strategi menjadi Wirausaha Sosial

Ini Alasan dan Strategi menjadi Wirausaha Sosial

Meskipun sedikit  ada wirausaha yang ingin menjadi wirausaha sosial. Simak alasan yang bisa memotivasi dan strategi menjadi wirausaha sosial ini.

Apakah Anda berani menjadi wirausaha sosial? Wirausaha sosial atau social entrepreneurship memberikan manfaat, yang menekankan pada tujuan yang lebih mulia yaitu mengatasi kemiskinan. Wirausaha sosial bukan hanya sebuah proyek bisnis melainkan dapat menyelesaikan berbagai persoalan di tanah air, tidak melulu hanya persoalan ekonomi belaka.

Berikut kita simak alasan beberapa wirausaha yang ingin menjadi wirausaha sosial.

Ini Alasan yang Memotivasi menjadi Wirausaha Sosial

Di Indonesia memang jumlah wirausaha sosial masih kurang, padahal masyarakat membutuhkan sekitar 2%  dari wirausaha yang ada di Indonesia. Hal ini jelas memengaruhi pertumbuhan ekonomi negeri ini, yang membutuhkan wirausaha sosial dibandingkan hanya sekadar wirausaha. Wirausaha sosial dianggap dapat menjadi fondasi mewujudkan keadilan sosial di masyarakat.

Sementara ini, kita simak urutan alasan yang bisa memotivasi menjadi wirausaha sosial berdasar penelitian di Eropa.

  1. Ingin melakukan sesuatu yang lebih baik
  2. Menjadi bos untuk diri sendiri.
  3. Memenuhi kebutuhan.
  4. Ingin mengubah dunia.
  5. Mengambil peluang.
  6. Menghindari karier di perusahaan.
  7. Tidak dapat melakukan hal lain yang lebih baik.
  8. Menjadi kaya.
  9. Lain-lain.

Hasil di atas menunjukkan bahwa satu dari lima wirausaha sosial di Eropa menganggap, bahwa wirausaha sosial menjadi peluang untuk melakukan yang lebih baik, dengan memperbaiki layanan dan produk yang sudah ada.

Hanya 2% di antara responden yang menyatakan mereka ingin menjadi kaya. Kesimpulannya, orientasi finansial tidak lagi menggiurkan bagi wirausaha sosial. Hasil penelitian ini, bisa menjadi referensi bagi generasi muda Indonesia untuk berjuang menjadi wirausaha sosial muda.

Strategi Wirausaha Sosial

Bila motivasi sudah cukup untuk merealisasikan niat menjadi wirausaha sosial, hal ini tentunya menggembirakan. Hanya saja masih banyak kendala yang dihadapi wirausaha sosial ini, seperti kurangnya sumber pendanaan, jejaring, pengetahuan, mentorship, serta ekosistem wirausaha sosial yang memadai. Nah, inilah strategi menjadi wirausaha sosial yang sukses.

  1. Mengikuti program edukasi yang bertujuan meningkatkan kapasitas founder social enterprise dengan mentor berpengalaman.
  2. Meneliti lapangan agar dapat menguasai lanskap bisnis sosial dan melihat pemainnya, serta mengetahui cara mengubah dunia.
  3. Mengembangkan model bisnis sebagai peta jalan perusahaan untuk menghasilkan uang.
  4. Mengidentifikasi sumber dana awal, bisa dilakukan melalui crowdfunding sebagai langkah tepat. Ini bisa dilakukan jika usahanya sudah berhasil sebagai usaha sosial startup.
  5. Mendapatkan anggota tim agar mendapat umpan balik dan dukungan.

Nah, itulah alasan dan strategi menjadi wirausaha sosial yang sukses. Jika Anda ingin turut berpartisipasi membantu wirausaha sosial di Indonesia yang membutuhkan suntikan dana silakan klik Gandentangan.org untuk memilih proyek yang ingin Anda dukung.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *