Ini Dia Metode Mengatur Uang Paling Sederhana!

Ini Dia Metode Mengatur Uang Paling Sederhana!

Bagi sebagian orang mungkin mengatur uang bukanlah hal mudah, setuju, nggak?

Sebaliknya, justru ada juga yang berpikir bahwa menghabiskan uang adalah hal yang paling mudah daripada mengaturnya. Dari kedua pemikiran tersebut enggak ada yang benar dan salah. Keduanya sama-sama masuk akal, tergantung dengan bagaimana kita mengatur keuangan setiap harinya.

Nah, kali ini Gita mau berbagi metode mengatur uang paling sederhana. Mungkin sebagian dari kamu sudah tahu, atau mungkin belum tahu sama sekali? Kita bahas lebih lanjut, yuk!

1. Setengah pendapatan untuk kebutuhan sehari-hari

Ini adalah cara paling sederhana untuk bisa mengatur pengeluaranmu, Sahabat GandengTangan. Betul, dimulai dari pengeluaran sehari-hari dulu. Jadi, pastikan setelah kamu menerima gaji atau pendapatan, langsung kirim ke rekening utama yang biasa ada di dompet dan sering digunakan untuk belanja kebutuhan sehari-hari. Mulai dari bahan makanan, bayar air, listrik, hingga keperluan rumah lainnya. 

2. Sisihkan untuk masa depan

Nah, untuk hal kedua ini, jangan sampai salah kirim ke rekening utama ya! Kirim 30% dari gaji atau pendapatanmu untuk tabungan masa depan. Usahakan tabungan masa depanmu berada di tempat yang aman dan tidak hanya di satu tempat. Lho, maksudnya gimana, Git? Iya, jadi untuk 30% ini kamu bisa diversifikasi atau dibagi ke beberapa instrumen pendanaan online lain. Misal, 10% P2P Lending, 10% reksadana saham, dan 10% dana darurat. Dengan begitu, kamu bisa mengatur keuangan jadi lebih baik dan teratur. Lakukan hal ini secara konsisten ya!

3. Gunakan sisa gaji untuk dana hiburan

Nah, 20% dari gaji atau pendapatanmu ini bisa kamu pakai untuk memenuhi keinginan hedon kamu. Bisa dibilang biaya untuk mengapresiasi hasil kerja kamu selama sebulan, deh. Jadi, kamu senang dompet juga aman karena kamu udah mengatur keuangan dengan baik. Iya, asal jangan sampai overbujet ya. Tetap sesuaikan dengan rencana keuangan yang sudah dibuat.

Gimana, metode 50/30/20 ini sederhana dan mudah dipraktikan, kan? Betul, metode ini memang terbilang paling sederhana dibanding metode lainnya. Tapi yang pasti, angka tersebut juga bisa disesuaikan lho dengan kebutuhanmu. Namun format angka 50/30/20 memang porsi yang paling umum dan bisa diaplikasikan oleh siapapun dengan gaji berapapun, Sahabat GandengTangan!

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *