Ini Strategi Pemberdayaan UMKM yang Perlu Dilakukan

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) punya peranan penting dalam kehidupan masyarakat kecil, yakni sebagai sarana untuk mengentaskan kemiskinan, meratakan tingkat perekonomian rakyat, hingga memberikan devisa bagi negara. Berdasarkan data yang didapat, jumlah unit usaha yang ada di Indonesia, 99,9% merupakan usaha mikro dan kecil.

Dari angka tersebut, pemberdayaan UMKM mampu menjadi solusi untuk beragam isu perekonomian negara. Seperti, mendorong pertumbuhan perekonomian nasional, mengurangi kemiskinan, menekan pengangguran, serta kesenjangan antardaerah. Kok bisa mengentaskan kemiskinan? Setiap unit usaha mikro dan kecil ini pun banyak menciptakan lapangan kerja di berbagai daerah. Oleh karenanya, dapat dikatakan pemberdayaan UMKM dapat mengentaskan kemiskinan secara signifikan.

Ada baiknya lagi, jika pemerintah sebaiknya juga bekerja sama dengan pihak lain seperti BUMN dan BUMS, untuk berperan serta memberdayakan UMKM ini. Selain itu, pemerintah juga perlu melakukan pendampingan terhadap UMKM ini, dengan cara menambah anggaran bagi kementerian dan lembaga terkait.

Penjelasan berikut ini, Gita akan berbagi nih permasalahan dan strategi apa yang dibutuhkan agar pemberdayaan UMKM bisa terus maksimal dilakukan di Indonesia. Intip selengkapnya di sini:

Permasalahan UMKM Indonesia

Meski memiliki potensi sangat besar, UMKM menghadapi keterbatasan saat mengembangkan kapasitas serta akses sumber daya produktifnya. Berikut ini adalah permasalahan utama yang menghambat pertumbuhan UMKM.

  1. Produktivitas yang rendah karena kualitas SDM yang dimiliki masih rendah, terutama di bidang pemasaran, manajemen, dan teknologi.
  2. Keterbatasan akses modal yang sangat menyulitkan untuk mengembangkan produk-produknya.
  3. Manajemen, informasi dan pasar, serta penguasaan teknologi masih sangat kurang memadai. Sedangkan untuk meningkatkannya, diperlukan biaya besar, terlebih bila UMKM harus mengelolanya secara mandiri.

Inilah Strategi yang Diperlukan untuk Melakukan Pemberdayaan UMKM

Untuk mengatasi permasalahan pemberdayaan UMKM, berikut ini strategi yang harus dilakukan oleh pemerintah.

1, Kerja sama dalam menyediakan kredit bagi pelaku UMKM dengan bunga rendah

2. Memperluas jaringan pemasaran

3. Memperbaiki kualitas SDM

4. Menerapkan teknologi yang tepat guna

5. Menciptakan Iklim usaha yang kondusif

6. Menyediakan sarana dan prasarana usaha yang memadai.

Selanjutnya pemerintah perlu membuat kebijakan terkait pemberdayaan UMKM tersebut. Terdapat tiga hal pokok yang perlu dilakukan sebagai berikut;

    1. Pemerintah sebagai regulator dalam kegiatan ekonomi, harus menciptakan lingkungan yang mampu mendorong perkembangan UMKM secara mandiri, sistematik, dan berkelanjutan.
    2. Menciptakan guarantee system secara finansial terhadap operasionalisasi aktivitas usaha ekonomi produktif yang dilakukan UMKM.
    3. Menyediakan pendampingan dan bantuan teknis secara manajerial untuk meningkatkan status usaha UMKM agar dapat lebih feasible dan bankable.

Nah, itulah pemberdayaan UMKM dan strategi yang perlu dilakukan oleh pemerintah. Namun, partisipasi masyarakat juga diperlukan untuk turut berperan serta dalam pemberdayaan UMKM ini. Jika Anda ingin berpartisipasi dalam pengembangan modal UMKM, Anda bisa melakukannya melalui investasi modal kecil di platform yang disediakan untuk UMKM. Cari tahu di GandengTangan untuk informasi selengkapnya!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.