Keuangan

Jangan Berhutang, Sebelum Mengutamakan 4 Pilihan Ini!

Jangan Berhutang, Sebelum Mengutamakan 3 Pilihan Ini!

Di saat situasi keuangan sedang krisis, tapi ada kebutuhan yang mendesak, usahakan jangan berhutang. Ada beberapa pilihan selain berhutang kepada orang lain, Sahabat GandengTangan. Jadikan berhutang itu adalah pilihan terakhir kamu, bukan pilihan utama.

Berikut ini urutan beberapa pilihan utama sebelum berhutang, yaitu:

1. Menjual barang yang tidak lagi dibutuhkan

Hal pertama yang mesti dilakukan, coba perhatikan sekitarmu, adakah barang yang enggak kamu gunakan dan punya nilai jual yang tinggi? Nah, kamu bisa jual barang tersebut secara online di berbagai platform maupun akun media sosial pribadi. Ingat, barang yang dijual adalah barang yang tidak kamu gunakan ya. Misal, baju bekas, sepatu bekas, dan sebagainya.

2. Mengambil tabungan

‘Rajin menabung pangkal kaya’, kutipan tersebut masih berkaitan dengan konteks yang kita sedang bahas. Dengan rajin menabung, kita lebih banyak mengumpulkan uang dan, dengan menabung pula, uang tersebut bisa membantu kamu di masa krisis. Jadi, hal pertama kalau memang kamu benar-benar membutuhkan uang, kamu bisa menggunakan uang tabunganmu dulu ya. Berjanjilah pada diri sendiri agar setelah kondisi keuangan kembali normal, kamu akan mengganti tabungan yang kamu ambil.

3. Mencairkan investasi

Kalau ternyata uang tabungan kamu belum mampu memenuhi kebutuhanmu, maka kamu bisa mencairkan investasi jangka pendek yang kamu miliki, seperti emas. Kalau masih kurang, investasikan kan lagi beberapa instrumen yang lain hingga kebutuhanmu bisa terpenuhi. Kebutuhan yang dimaksud adalah kebutuhanmu sehari-hari untuk bisa makan dan biaya transportasi untuk kerja/beraktivitas ya.

4. Menggunakan dana darurat

Jika memang ketiga pilihan di atas masih belum juga memenuhi kebutuhanmu, dengan terpaksa, kamu bisa menggunakan dana darurat. Nah, ini dia salah satu pentingnya mengumpulkan dana darurat, Sahabat GandengTangan. Di saat masa krisis dan tidak ada lagi pilihan, kamu bisa menggunakan dana darurat, tapi sebenarnya, dana darurat itu baiknya hanya digunakan pada saat momen-momen yang sekali terjadi dalam seumur hidup. Tapi, kalau memang saat ini kamu dalam keadaan krisis, mau gimana lagi? Daripada berhutang, ya, kan?

Empat urutan tersebut bisa menjadi pilihanmu sebelum memilih untuk berhutang dengan orang lain. Kalau aku enggak punya ketiga hal tersebut, gimana, Git? Nah, ini dia. Berarti kamu punya masalah dalam mengatur keuangan, Sahabat GandengTangan. Setidaknya, dari keempat pilihan tersebut, kamu memiliki dana darurat dan tabungan. Sehingga kamu bisa terjauhi dari pilihan untuk ‘berhutang’. Setelah baca artikel ini, Gita harap kamu mulai sadar akan pentingnya mengumpulkan dana darurat, menabung, dan melakukan investasi online. Untuk pemula, kamu bisa mulai dengan melakukan investasi modal kecil di P2P Lending, GandengTangan. Hanya dengan Rp50ribu kamu bisa mulai berinvestasi dan mendapat imbal hasil setara hingga 15,6% per tahun. Pastikan juga kamu menggunakan Asuransi Proteksi Pendanaan ya!

Buat kamu yang sudah terlanjur tidak memiliki keempat pilihan di atas, kamu boleh saja berhutang, TAPI pikirkan hal ini terlebih dulu: Tujuan berhutang untuk apa, uangnya akan digunakan untuk apa, seberapa penting hal tersebut? Kalau bisa berhutang, berapa jumlah yang dibutuhkan dan mampu kamu kembalikan? Gimana cara kamu mengembalikan uang tersebut? (Dengan bekerja menjadi freelance atau menjual barang secara online) Kepada siapa saya akan berhutang?

Namun usahakan jangan berhutang, lakukanlah salah satu pilihan dari empat urutan yang sudah Gita sebutkan. Intinya, mari mulai sadar pentingnya mengatur keuangan. Enggak ada kata terlambat untuk memulai!

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.