Wirausaha

Kehidupan ‘New Normal’ Dengan Berbagai Rintangan yang Dihadapi Usaha Mikro

Kehidupan 'New Normal' Dengan Berbagai Rintangan yang Dihadapi Usaha Mikro

Tatanan kehidupan baru ramai dibahas oleh masyarakat, yaitu keadaan saat semuanya berjalan dengan kegiatan atau aktivitas seperti biasa dengan kondisi, yang awalnya berbeda kini menjadi normal, karena sudah terbiasa. Dalam kondisi baru saat ini adalah hadirnya pandemi Covid-19.

Setiap sektor berjuang dengan caranya masing-masing untuk tetap hidup dengan kondisi yang terjadi saat ini. Bagi para pekerja, ada yang upahnya dipotong hingga 75% hingga mesti tidak bekerja sama sekali karena adanya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Begitu juga dengan para pengusaha, dari kelas atas hingga kecil, berjuang untuk tetap mempertahankan karyawan. Dan bagi pengusaha mikro seperti warung atau toko kelontong, mesti memikirkan strategi lain untuk tetap bisa bertahan di masa pandemi Covid-19 ini.

Bagaimana Kehidupan Normal Baru Bagi Pengusaha Mikro?

Pastinya terdampak, sama seperti yang lain. Meskipun UMKM dulu menjadi pahlawan di masa krisis tahun 1998, beda dengan yang terjadi saat ini. Pandemi Covid-19 menyerang berbagai sektor di belahan dunia. Sehingga semua sektor besar hingga kecil sama-sama sedang berjuang untuk bisa melewati masa krisis ini.

Bagi pengusaha mikro Indonesia sendiri, ini adalah sebuah tantangan. Mereka mesti mencari strategi lain untuk tetap bisa menjalankan usahanya agar tetap balik modal. Dengan memanfaatkan teknologi saat ini, para pengusaha mikro pelan-pelan mulai merambah usaha secara online. Lewat aplikasi messenger hingga media sosial, mereka memasarkan produk dan menawarkan jasa pesan-antar. Meskipun tidak semua mampu melakukan ini, Pemerintah juga menawarkan berbagai program agar UMKM Indonesia tetap bisa bertahan.

Apa yang Bisa Kami Bantu, Sebagai Masyarakat yang Masih Bisa Bertahan di Masa ini?

Bagi kamu yang mau membantu pengusaha mikro Indonesia tetap berjalan dan berjuang untuk perekonomian mereka maupun Indonesia, kamu bisa membantu memberikan pinjaman modal untuk mereka di GandengTangan. Dengan keuntungan hingga 15,6% per tahun, kamu bisa menambah jumlah tabungan masa depanmu dengan melakukan investasi modal kecil di sini. Hanya dengan Rp50ribu kamu bisa membantu usaha mikro sekaligus melangkah lebih jauh untuk mencapai kebebasan finansial. 

Tunggu apa lagi?

Bantu usaha mikro Indonesia tetap berjalan!

Dan jadikan investasi sebagai kegiatan normal baru kamu dari sekarang!

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.