Masih Bingung? Ini 7 Alternatif Bisnis Online Modal Kecil yang Menguntungkan!

Masih Bingung? Ini 7 Alternatif Bisnis Online Modal Kecil yang Menguntungkan!

Menyesuaikan gaya hidup serba digital, berbisnis pun kini menggunakan internet sebagai salah satu medianya. Dari sisi penjual, metode ini juga memberikan banyak keuntungan, antara lain meminimalkan biaya promosi, menjangkau pasar yang lebih luas, hingga menghemat biaya sewa ruangan.

Nah, kalau Anda tertarik untuk mulai berbisnis kecil-kecilan, cara ini patut untuk dicoba. Jika masih bingung ide usaha apa yang diperlukan, simak tujuh alternatif bisnis online dengan modal kecil berikut ini.

1. Menjual Jasa Desain Grafis

Punya bakat di bidang desain grafis? Jangan sia-siakan keterampilan tersebut begitu saja. Anda bisa mengiklankan diri dengan membuka jasa pembuatan desain logo, poster, katalog, dan lain-lain. Di samping bergabung di berbagai platform untuk freelancer seperti Upwork, Anda juga bisa memasang iklan di Instagram sendiri maupun dengan paid promote.

2. Menjual Jasa Penulis Lepas

Di zaman digital, penulis lepas semakin kerap dicari. Ide kreatif dan komunikasi tertulis yang apik dibutuhkan oleh berbagai perusahaan sebagai konten bisnis mereka. Seperti contoh, sebuah perusahaan travel membutuhkan artikel untuk mengisi blog mereka sehingga konsumen mereka pun jadi lebih tertarik. Kemampuan Anda untuk menyihir pembaca dengan kata-kata pun sangat dicari oleh para pelaku bisnis lainnya.

3. Menjadi Blogger

Kalau Anda juga suka menulis tetapi lebih suka tidak ‘diatur’, maka blogging bisa jadi alternatifnya. Hal yang Anda tulis pun bisa lebih beragam sesuai keinginan. Bila trafik blog Anda tinggi, maka Anda bisa memanfaatkan layanan Google Adsense untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Bahkan tidak jarang, beberapa blogger yang membahas konten secara spesifik akan diajak bekerja sama oleh perusahaan-perusahaan serupa.

4. Menjadi Dropshipper

Ingin berjualan produk saja, tetapi tidak punya banyak modal? Solusinya adalah dengan menjadi dropshipper. Berbeda dengan reseller yang mengharuskan Anda membeli barang dari supplier terlebih dahulu, maka dropshipper hanya mengharuskan Anda bermodalkan kuota internet. Kegiatan yang perlu Anda lakukan adalah fokus mencari konsumen. Begitu mendapatkan pembeli, order dan detail pengiriman diteruskan kepada supplier dan biarkan mereka yang menindaklanjutinya.

5. Menjual Jasa Terjemahan

Secara umum, besarnya fee untuk jasa terjemahan tidak bisa dibilang kecil apalagi bila Anda memiliki kemampuan berbahasa asing selain bahasa Inggris. Tentu tidak ada patokan khusus yang menjadi standar mengenai berapa harga untuk jasa terjemahan, tetapi Anda tentu bisa menilai sendiri kualitasnya. Namun bila Anda masih awam, cobalah untuk melihat dulu berapa rerata harga pasar. Barulah semakin banyak portofolio yang dimiliki nanti, Anda bisa menaikkan harga sesuai keinginan tanpa mengikuti pasar.

6. Menjual Hasil Foto

Gemar berburu foto dan melakukan editing sehingga menghasilkan foto-foto yang ciamik? Jangan biarkan koleksi karya Anda menumpuk begitu saja di folder laptop tanpa menghasilkan apa-apa. Kini, Anda bisa menjual foto-foto tersebut seperti di iStockPhoto dan ShutterStock. Foto-foto tersebut nantinya akan dibeli oleh mereka yang tertarik. Biasanya, foto-foto profesional tersebut akan digunakan untuk mengisi situs web mereka.

7. Melakukan investasi modal kecil

Buat mendambah pendapatan kedua, kamu bisa mulai melakukan investasi modal kecil, Sahabat GandengTangan. Untuk pemula, kamu bisa mulai melakukan investasi jangka pendek di platform berbasis P2P Lending, seperti GandengTangan. Mulai dari Rp50ribu kamu bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15,6% per tahun! Ditambah lagi ada fitur asuransi proteksi pendanaan yang bikin kamu enggak perlu khawatir lagi.

Nah, itulah tujuh ide bisnis online modal kecil yang bisa Anda lakukan. Sebagian besar, modal yang Anda perlukan adalah internet dan gadget yang mendukung. Bisa bersantai di rumah sekaligus menambah pundi-pundi rupiah…. mengapa tidak?

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *