Mau Buka Bisnis? Perhatikan Dulu 4 Hal Ini

Membuka bisnis jangan asal. Simak dulu tips dan kuncinya berikut ini.

Berbisnis saat ini memang jadi keinginan banyak orang. Selain tidak perlu terikat jam kerja 7-5, penghasilan serta keuntungan yang didapat juga bisa melebihi gaji bekerja sebagai karyawan dalam sebulan. Tak hanya itu, berwirausaha juga disebut lebih menantang ketimbang sekadar duduk di cubicle berkutat dengan tugas kantor yang menjemukan.

Namun, mengawali usaha juga perlu strategi yang tepat. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membuka bisnis.

1. Pelajari Kondisi Pasar

Hal pertama yang wajib kamu kerjakan sebelum membuka sebuah usaha adalah mempelajari kondisi pasar yang meliputi tren saat ini, kondisi finansial target pembeli, kecenderungan masyarakat, selera, dan lain sebagainya.

Survey pasar penting dilakukan sehingga kamu tidak akan sampai salah tempat/salah waktu dalam menentukan produk/jasa yang akan dijual. Misalnya bisnis kost akan lebih cocok didirikan di sekitar area kampus, pabrik, dan perkantoran, ketimbang di perumahan, dll.

2. Buat Business Plan

Business plan merupakan salah satu pilar penting dalam mendirikan usaha. Rencana usaha tidak melulu berisi tentang tujuan bisnis dan strateginya, tapi juga meliputi marketing, perencanaan keuangan, operasional, analisis pesaing, deskripsi produk, latar belakang perusahaan, dan sebagainya. Secara singkat, business plan berguna untuk membantu wirausahawan mencapai target usahanya.

3. Siapkan Ide Kreatif

Kreatiflah atau bersiap untuk ditinggalkan konsumen. Perkembangan zaman memang menuntut siapa pun untuk senantiasa bertindak kreatif, termasuk dalam dunia bisnis. Gali ide kreatif dan buatlah produkmu lain daripada yang lain.

Jangan lupa juga manfaatkan kemajuan teknologi, misalnya dengan memasarkan produk/jasamu lewat website, media sosial, marketplace, dan sebagainya, agar lebih dikenal masyarakat.

4. Investasi

Setiap bisnis tentu memiliki risiko rugi yang tak boleh disepelekan. Strateginya adalah dengan melakukan investasi, baik berupa waktu maupun dana. Investasi ini nantinya bisa menjadi penyelamat ketika suatu waktu bisnis kamu collapse.

Sekarang sudah banyak, lho, pelaku usaha mikro yang mulai melakukan investasi modal kecil di P2P lending semacam GandengTangan.

Selain menerapkan keempat hal di atas, kerja keras pantang menyerah juga menjadi hal yang mutlak dilakukan ketika membuka sebuah usaha. Masukan dari orang-orang sekitar juga penting agar bisnismu terus berkembang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.