Mau Meningkatkan Kekebalan Tubuh? Coba konsumsi ini!

Siapa sih yang enggak mau punya kekebalan tubuh yang kuat, setuju nggak? Betul, setiap orang pasti ingin memiliki kekebalan tubuh yang kuat supaya bisa menjaga tubuh tetap sehat. Apalagi di saat self quarantine #dirumahaja seperti sekarang. Dengan memiliki kekebalan tubuh yang kuat juga bisa melindungi tubuh kita dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus, termasuk virus Covid-19, dan penyakit lainnya. Tapi, meningkatkan kekebalan tubuh itu memang enggak mudah, Sahabat GandengTangan.

Selain mesti rutin berolahraga dan tidur yang cukup, kamu juga mesti mengkonsumsi makan-makanan yangBerikut ini sehat. Jangan asal makan enak tapi enggak melihat kandungan di dalam makanan tersebut. Apalagi keseringan mengkonsumsi makanan cepat saji.

Emang gimana cara meningkatkan kekebalan tubuh, Git?

Kamu mesti mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang. Yep, makanan bergizi itu penting banget untuk tubuh. Makanya, mulai sekarang, coba deh lebih peduli lagi terhadap asupan makanan yang kamu konsumsi. Kalau terbiasa dengan pola asupan gizi yang seimbang, hidup sehat, dan tidur cukup, tubuh kamu pasti akan lebih sehat.  

Makanan apa aja yang mengandung gizi seimbang?

Pada umumnya, ada beberapa hal yang mesti kamu konsumsi setiap harinya, yaitu makanan pokok, lauk-pauk, sayuran, dan buah. Dari semua itu mengandung protein, vitamin A, C, E, seng, dan lainnya. Pada setiap kandungan vitamin punya fungsi masing-masing untuk tubuh, ada yang sebagai antioksidan, membantu mengatur sistem kekebalan tubuh, hingga melindungi tubuh dari berbagai penyakit dengan membangun antibodi dalam tubuh.

Jadi, makanan apa saja yang mesti kita konsumsi dan memiliki kandungan tersebut? Berikut ini adalah salah stau contoh menu makan sehat untuk kamu selama satu hari!

  • Sarapan pagi: Nasi putih, telur mata sapi, wortel rebus
  • Snack pagi: Buah satu porsi (pisang/jeruk/jambu biji)
  • Makan siang: Nasi putih, ikan goreng, tahu goreng, sayur bayam, jeruk
  • Snack sore: Buah satu porsi (pepaya 1 potong)
  • Makan malam: Nasi putih, opor ayam, tembe bacem, tumis daun singkong, dukuh

Nah, dari menu sehat di atas, kamu juga bisa ganti menu makan sehat kamu dengan beberapa makanan berikut ini:

  • Protein: Udang, daging kambing, daging sapi, daging ayam, telur bebek
  • Vitamin A: Kangkung, bayam, ubi jalar, wortel, kuning telur
  • Vitamin C: Jambu biji, Pepaya, Jeruk, Lemon, Strawberry
  • Vitamin B: Almon, kuaci bunga matahari

Jadi, gimana? Mau mulai hidup sehat, kan, untuk bisa meningkatkan kekebalan tubuh mu? Kamu bisa sesuaikan bujet bulanan kamu untuk membeli beberapa makanan tersebut di pasar atau warung sayur terdekat rumahmu, sambil membantu usaha mikro Indonesia agar tetap berjalan. Atau kamu juga bisa bantu usaha mikro Indonesia dengan melakukan pendanaan di GandengTangan!

Ohiya, rekomendasi makanan beserta penjelasan di atas merupakan saduran dari Instalasi Gizi RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo tahu 2020 (Makanan Bergizi Untuk Mejaga Kesehatan Tubuh).

Yuk, mulai hidup sehat dan tingkatkan kekebalan tubuh!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.