Mendukung Pertumbuhan UMKM Berkelanjutan di Sumbawa Barat melalui Program UMKM TELAS

Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, telah menjadi tuan rumah bagi Program UMKM TELAS (UMKM Tumbuh, Berdaya, dan Naik Kelas), sebuah program komprehensif dan berkelanjutan yang bertujuan untuk membangun dan berinvestasi dalam pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. Program ini difokuskan pada pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui inkubasi dan pelatihan kewirausahaan, dengan tujuan untuk mengkatalisasi dan mempertahankan pengusaha lokal di seluruh wilayah Sumbawa Barat. Program ini dilakukan pada tanggal 10 Desember 2022.

Program ini didukung oleh sejumlah mitra, termasuk Bahasa Bisnis, PT. AMMAN Mineral Nusa Tenggara, dan Instellar, yang bekerja sama dengan GandengTangan sebagai platform permodalan berbasis teknologi yang berdedikasi untuk memberikan akses permodalan kepada UMKM. Peran GandengTangan dalam kegiatan ini sangat penting, karena memberikan alternatif pilihan bagi UMKM yang membutuhkan dukungan modal untuk mengembangkan usaha mereka.

Pada tahap awal program, terdapat 187 pendaftar yang tertarik untuk mengikuti Program UMKM TELAS. Setelah proses seleksi, 25 peserta dipilih untuk mengikuti pelatihan dan mendapatkan pendampingan selama program berlangsung. Proses ini melibatkan 8 sesi kelas yang berfokus pada pengembangan keterampilan bisnis dasar dan jaringan pemasaran usaha. GandengTangan juga terlibat dalam memberikan pelatihan seputar akses permodalan dan melakukan penilaian kelayakan pinjaman untuk setiap peserta.

Pendampingan dan pemantauan dilakukan untuk memastikan implementasi rencana usaha yang disusun oleh masing-masing peserta berjalan dengan baik. GandengTangan memberikan dua jenis kegiatan, yaitu financing knowledge dan assessment-monitoring. Financing knowledge dilakukan bersamaan dengan pelatihan bisnis dasar dari Instellar, sehingga peserta dapat memahami bagaimana cara mendapatkan dan mengajukan pinjaman di GandengTangan. Sementara itu, tahap assessment dilakukan dalam dua tahap, yaitu penilaian awal dan penilaian pinjaman, untuk menilai kelayakan peserta dalam menerima pinjaman.

Salah satu keberhasilan dari program ini adalah bahwa 4 peserta UMKM Telas berhasil memperoleh pinjaman dari GandengTangan dengan bunga cicilan 0% untuk tenor 2 bulan sebagai masa percobaan awal. Hasilnya, para peserta dapat mengembalikan pinjaman tersebut dengan baik, menunjukkan bahwa literasi keuangan mereka telah berkembang dan pengelolaan keuangan mereka cukup baik.

Program UMKM TELAS ini memberikan manfaat yang signifikan bagi para peserta kegiatan, mitra yang terlibat, serta bagi GandengTangan itu sendiri. Para peserta UMKM Telas dapat memproduksi produk dengan “standar ritel,” memungkinkan produk mereka dapat dipasok ke toko ritel mitra dan meningkatkan sumber pendapatan mereka secara berkelanjutan. Selain itu, melalui kemitraan dengan toko mitra, produk dari UMKM Telas juga dapat diakses oleh lebih banyak konsumen melalui berbagai channel penjualan.

Selama proses program, peserta UMKM Telas juga mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bisnis dan literasi keuangan, membantu mereka dalam mengelola bisnis dengan lebih efektif dan efisien. Dengan dukungan dari GandengTangan, para peserta juga dapat mengakses program pinjaman yang membantu meningkatkan kapasitas dan kemampuan usaha mereka.

Secara keseluruhan, Program UMKM TELAS di Kabupaten Sumbawa Barat telah memberikan dampak positif dalam memajukan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan mendukung pengembangan UMKM lokal. Kolaborasi antara Bahasa Bisnis, PT. AMMAN Mineral Nusa Tenggara, Instellar, dan GandengTangan membuktikan kekuatan sinergi dalam memfasilitasi akses permodalan dan memberikan pelatihan yang relevan bagi UMKM, membawa manfaat jangka panjang bagi para peserta dan mitra yang terlibat.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *