Millenial Perlu Memastikan Tiga Hal Ini Sebelum Membeli Rumah!

Millenial Perlu Memastikan Tiga Hal Ini Sebelum Membeli Rumah

Sebelum membeli rumah ada banyak hal yang perlu diperhatikan oleh generasi milenial, ada apa saja? Simak selengkapnya di sini!

Membeli rumah saat ini bukan lagi hal baru. Bisa dibilang saat ini, beli rumah adalah salah satu tujuan utama bagi para generasi milenial. Mereka berlomba-lomba membeli rumah di ibukota maupun di desa sebagai aset untuk masa depan kelak. Tentu, hal ini menguntungkan bagi developer rumah. Secara keuangan juga menguntungkan karena generasi milenial menjadi sadar keuangan untuk masa depan.

Sayangnya, masih banyak juga nih yang masih belum paham betul, apa saja persiapan yang mesti dilakukan sebelum membeli rumah. Dari berbagai hal persyaratan yang ada, berikut ini merupakan hal dasar yang perlu diperhatikan, Sahabat GandengTangan. Yang pasti, tiga hal ini masih berkaitan dengan keuangan. Tujuannya, agar generasi milenial enggak hanya sekedar ikut-ikutan beli rumah tanpa mempersiapkan segala dengan matang dan berakhir dengan bekerja untuk membayar hutang tanpa ada persiapan keuangan untuk hidup di masa depan.

Ini dia tiga hal yang perlu kamu ketahui sebelum membeli rumah!

1. Uang Muka Sebelum Membeli Rumah

Hal pertama adalah memastikan bahwa kamu memliki uang muka sekitar 20-50% sebelum membeli rumah. Kenapa sebanyak itu? Semakin besar uang muka yang kamu berikan di awal, semakin kecil cicilan KPR yang mesti kamu lunasi, Sahabat GandengTangan. Tentu, hal ini sengat meringankan beban kamu di masa depan. Jadi, lebih baik susah di awal bukan?

2. Pastikan jumlah cicilan KPR per bulan sesuai kemampuan

Nah, yang kedua ini masih saling berkaitan dengan poin pertama. Kamu perlu memperhitungkan bahwa angka cicilan KPR yang akan dibayar tiap bulan tidak lebih dari 20% dari pendapatanmu tiap bulan ya. Sehingga kamu enggak overbujet. Pun lebih dari 20% berarti kamu melepas satu instrumen keuangan lain, misal, hiburan/sosial, untuk tetap sejalan dengan rencana keuanganmu.

3. Keuangan sehari-hari terjamin amanĀ 

Yang pasti, setelah menetapkan akan membeli rumah, kamu juga perlu mengatur keuanganmu tiap bulan menjadi lebih baik. Iya, jangan sampai kamu membeli rumah tapi untuk maintain atau merawat rumah tidak kamu pikirkan. Membeli rumah tidak hanya sekali dilakukan dan selesai, lho. Setelah memastikan membeli rumah, akan ada banyak pengeluaran lainnya yang akan menjadi instrumen keuangan baru yang perlu kamu pikirkan.

Dari tiga hal di atas, sekarang kamu sudah kebayang, kan, apa saja yang perlu dipersiapkan? Nah, dengan begitu, Gita harap para generasi milenial juga bisa mulai mempersiapkan semuaya secara matang ya. Enggak usah terburu-buru hanya karena umur atau tetangga yang udah keduluan beli rumah. Kita semua punya pilihan dan pengeluaran yang berbeda. Yang pasti, itu semua tergantung dengan kita yang mengelola keuangannya saja. Mau melakukan pendanaan online di p2p lending, saham, emas, atau kripto, itu sesuai dengan profil risiko pendana juga. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan keuanganmu ya!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.