Aksi Agradaya Setelah Projectnya Terdanai

      (Lima Aksi Yang Bikin Kita Yakin Agradaya Patut Kita Apresiasi Tinggi) Sebuah surat elektronik (surel) masuk ke kotak masuk GandengTangan. Pengirim surel itu Andhika Mahardika atau biasa disapa Dhika, salah satu pegiat Agradaya. Judul surelnya sederhana, “Perkembangan Project Solar Dryer” tapi isinya tak sesederhana judulnya. Dalam...

Lima Kunci Sukses Project Terdanai di GandengTangan

(Intip Apa Saja Yang Wirausahawan Lakukan Agar Projectnya Terdanai) Baru lima bulan berjalan GandengTangan  berhasil mendanai dua project wirausahawan sosial melalui sistem crowdlending. Project yang terdanai itu antara lain Mama Tata yang berjuang untuk ketahanan pangan melalui pembudidayaan sorgum di Flores dan Agradaya yang memberdayakan ibu-ibu di Desa Sendangrejo dengan memproduksi...

Wirausaha Sosial Butuh Modal? Crowdlending Solusinya

Selama satu dekade belakangan, banyak wirausaha sosial bermunculan. Ini jadi bukti kalau pendekatan bisnis bisa efektif juga loh untuk menyelesaikan masalah di masyarakat. Di tingkat internasional, usaha Muhammad Yunus membuat kredit mikro untuk masyarakat miskin Bangladesh meraih Nobel Perdamaian 2006. Sementara itu, upaya Tri Mumpuni menerangi desa-desa terpelosok di negeri...

Crowdlending = Cara Baru Amal Jariyah 3.0

Di bulan Ramadhan yang penuh berkah, umat muslim didorong untuk memperbanyak amal dan ibadah. Nggak main-main, semua perbuatan baik di bulan ini bakal dikasih balasan berkali lipat supaya kita lebih bersemangat. Dari sekian banyak cara untuk berbuat kebaikan kepada sesama, ada tiga perbuatan kita yang pahalanya akan terus mengalir...

Langkah Cerdik Membantu Wirausahawan Sosial Saat Mudik

    (Carilah Wirausahawan Sosial Sampai ke Kampung Halaman) Lebaran sebentar lagi nih, kampung halaman mulai memanggil-manggil dengan mesra. Packing pakaian sudah, tiket atau kendaraan juga tinggal tancap, bikin mudik rasanya jadi makin dekat. Selain sowan dengan orangtua dan keluarga, jalan-jalan ke rumah tetangga di kampung, ternyata mudik juga...

Agar Buka Bersama Jadi Lebih Berguna Untuk Sesama

(Cara Mudah Membantu Wirausahawan Sosial Sambil Makan Takjil) Coba lihat grup-grup WhatsApp-mu di minggu-minggu ini, pasti akan ada pesan seperti ini, “Ya ampun kita belum buka bareng nih.” Pesan ajakan untuk buka bersama alias bukber, pasti sering sekali kita baca akhir-akhir ini. Banyak yang suka dengan ajakan itu, tak...

Cara Bijak Menggunakan THR (Lima Langkah Sederhana Membuat THR-mu Lebih Berguna)

  Jelang lebaran apa yang terlintas dalam pikiranmu? Ketupat, opor, sungkem sama orang tua, dan tentu saja (apalagi yang anak kantoran nih) Tunjangan Hari Raya alias THR. Jumlah THR tentu menggiurkan, ibarat bonus kamu langsung bisa kalap menghabiskan uang itu untuk berbagai keperluan. Biasanya sih buat belanja persiapan lebaran,...

#LendersOfTheMonth Berkah Koneksi dari Feri

    Beberapa helai rambut terlihat di baju biru mudanya. Sebelum mengunjungi markas GandengTangan, pria itu memang baru saja mencukur rambutnya. Rambut cepak, badan tegap, dan sepatu outdoor yang ia kenakan akan membuat banyak orang mengira ia seorang tentara, nyatanya ia seorang fotografer. Kedatangannya ke markas GandengTangan ditandai dengan...

Mengenal Crowdlending dan Kelebihannya

Bagi sebagian orang, istilah crowdlending atau pinjaman keroyokan barangkali baru di telinga. Kita lebih dulu mengenal crowdfunding atau donasi keroyokan. Apalagi dengan kemajuan teknologi komunikasi belakangan ini, crowdfunding semakin mudah dilakukan karena memanfaatkan platform internet seperti Wujudkan atau Kitabisa. Perbedaan paling kelihatan yaitu donasi bersifat habis pakai sementara pinjaman...

#LendersOfTheMonth Berbagi Aura Positif Bersama Yanti Nisro

Lima Langkah Konkret Membantu Wirausahawan Sosial   Seekor anjing menghampiri Tim GandengTangan saat kami berada di halaman rumah pemiliknya, kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Ia berlari-lari mengitari kami sambil menunggu sang pemiliknya. “Zoey, zoey, zoey…” panggil sang pemilik beberapa menit kemudian. “Zoey, from Joy, because he gives joy to our...