Persiapkan 5 Soal Keuangan ini Sebelum Menikah

Persiapkan 5 Soal Keuangan ini Sebelum Menikah

Menurut kamu, apa setiap pasangan perlu bahas soal keuangan sebelum menikah?

Melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan bukanlah hal mudah, soal keuangan kerap kali jadi isu yang paling tabu dibahas. Padahal saat berumah tangga, keuangan bisa jadi pemicu dalam hancurnya rumah tangga, lho. Untuk itu, membahas soal keuangan sebelum menikah adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap pasangan yang mau menikah.

Meski sering dianggap tabu, tapi akhir-akhir ini sudah banyak orang yang mulai bersuara dan lebih terbuka soal keuangan bersama pasangannya. Hal ini terlihat dari berbagai thread yang bermunculan di Twitter. Hal ini juga yang akhirnya memberikan dampak baik bagi milenial agar lebih sadar akan pentingnya literasi keuangan. Mulai dari menabung, mengatur uang, hingga mengelola keuangan nantinya bersama pasangan hidup.

Di artikel kali ini, Gita akan membahas 5 soal keuangan yang perlu dibahas sebelum menikah. Tanpa panjang-lebar, yuk, kita bahas lebih jauh!

1. Gaji atau pendapatan per bulan

Enggak masalah siapa yang paling besar. Akan masalah jika kalian tidak saling terbuka dengan hal ini. Alhasil pasangan kalian juga akan bingung untuk mengelola keuangan kalau ternyata pendapatan setiap bulan saja tidak jelas. Menghindari hal tersebut, lebih baik pembahasan ini mulai dibahas saat sebelum menuju akad nikah, ya, Sahabat GandengTangan!

2. Hutang atau cicilan

Nah, untuk yang ini juga perlu dibahas dengan pasangan. Karena dari pendapatan setiap bulan, masing-masing pasangan juga harus tahu berapa pengeluaran setiap bulannya yang disisihkan untuk membayar hutang atau cicilan yang masih belum lunas. Tujuannya, pastinya agar lebih mudah dalam mengelola keuangan dan lebih terbuka dengan pasangan. Sehingga enggak ada lagi masalah setelah gajian uang habis hanya karena membayar hutang dan cicilan.

3. Biaya tanggungan keluarga

Ada pasangan yang masih menanggung biaya untuk keluarganya, bahkan setelah menikah. Hal ini enggak hanya terjadi kepada laki-laki, tapi juga kepada perempuan. Jadi, ada baiknya, pasangan membahas hal ini, sehingga pengeluaran dari keuangan juga lebih jelas untuk siapa dan untuk apa.

Nah, dari ketiga hal tersebut, menurut kamu hal apa lagi yang perlu dibahas, Sahabat GandengTangan?

Yang pasti, keterbukaan dengan pasangan itu penting banget, lho. Khususnya untuk kamu yang mau menikah. Karena kalian akan hidup bersama selamanya, jadi apapun mesti diceritakan kepada pasangan, termasuk soal keuangan. Dengan keterbukaan itu, kamu bisa saling menyemangati untuk bisa mencapai kebebasan finansial bersama dan melepas tali generasi sandwich untuk anak-anak kamu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.