Tidak Harus Kaya Dulu, Mulailah dari Investasi Kecil Ini

Investasi kerap diasosiasikan sebagai perilaku finansial yang membutuhkan modal besar. Pasalnya, instrumen investasi konvensional yang sudah sangat melekat di benak masyarakat memang cukup besar, seperti tanah dan bangunan. Atau jika tidak, image investor dengan pakaian yang parlente juga memberikan kesan bahwa investasi adalah ‘barang mahal’.

Namun, tahukah Anda bahwa investasi kecil adalah hal yang sangat memungkinkan? Modal yang ditanamkan pun tidak harus dalam angka belasan, puluhan, atau bahkan ratusan juta. Bahkan mulai dari ribuan rupiah pun, Anda juga bisa melakukan investasi dan mendapat keuntungan sesuai dengan risiko dan besarnya penanaman modal yang dilakukan.

Emas Batangan
Walau termasuk instrumen investasi konvensional, emas batangan tetap menjadi primadona bagi banyak kalangan. Pasalnya, nilainya yang cenderung stabil dan ketersediaan logam mulia yang terbatas membuat prospeknya cerah.

Emas batangan disediakan mulai dari berat 1 gram. Harganya tentu tidak selalu sama, tetapi saat ini berada di kisaran ratusan ribu. Namun perlu diingat, instrumen investasi ini cocok dipilih bila menginginkan jenis investasi jangka panjang sehingga bila Anda menginginkan perputaran modal yang cepat dengan hasil signifikan, emas batangan bukanlah opsi yang tepat.

Saham
Jangan terpengaruh dengan image pelaku saham yang seperti tampak selalu rapi dan necis dengan setelan jas mahal. Anda pun bisa saja menjadi trader sukses tanpa harus repot-repot datang ke kantor dan berdandan. Dari rumah dengan pakaian santai sekalipun, Anda bisa mengatur sendiri investasi saham yang dimiliki.

Beberapa saham dijual dengan harga mulai ratusan ribu. Bila ingin mendaftarkan akun ke pialang saham, Anda membutuhkan sedikit lebih banyak, rata-rata sekitar 5 juta rupiah. Investasi kecil ini cocok untuk dijadikan pilihan untuk perputaran modal yang cepat alias jenis investasi jangka pendek. Walau begitu, agar menghasilkan keuntungan yang maksimal, Anda tetap harus membekali diri dengan pengetahuan soal berdagang di saham.

Investasi Online
Terutama bagi Anda yang menikmati kemudahan era digital, investasi jenis ini bisa dicoba. Investasi online bisa dilakukan melalui aplikasi maupun fintech P2P lending.

Ada banyak ketersediaan aplikasi investasi online yang bisa dimanfaatkan. Masing-masing memiliki cara kerja yang berbeda berikut besarnya nilai investasi. Beberapa aplikasi juga biasanya menyediakan informasi penting terkait dunia investasi berikut analisis yang diperlukan. Sementara itu, P2P lending boleh dibilang sebagai wadah yang mempertemukan antara peminjam (biasanya berupa UKM) dengan pemberi pinjaman (investor). Anda sebagai investor dapat memilih sendiri kepada siapa akan menanamkan modal investasi yang dimiliki.

Besarnya investasi yang bisa diberikan pada P2P lending beragam. Di Gandengtangan, Anda bisa mulai menanam modal dari puluhan ribu rupiah saja. Karena termasuk dalam jenis investasi jangka pendek, Anda pun tak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan hasilnya.

Nah, dengan berbagai kemudahan ini, tidak ada lagi alasan untuk tidak mulai berinvestasi mulai sekarang, bukan?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.