Wirausaha

Tidak Muluk-Muluk, Ini Cara Dasar Bisnis Online yang Perlu Diterapkan

Tidak Muluk-Muluk, Ini Cara Dasar Bisnis Online yang Perlu Diterapkan

Bisnis online merupakan salah satu ladang mengumpulkan pundi-pundi rupiah yang menggiurkan. Bagaimana tidak? Total transaksi dalam setiap tahunnya mencapai triliunan rupiah. Setiap tahunnya, jumlah pembeli online juga meningkat. Di tahun 2018 saja, jumlahnya mencapai 11,9 persen dari total penduduk Indonesia.

Produk yang dapat ditawarkan pun sangatlah bervariasi, mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga yang cukup eksklusif. Semua memiliki pasar masing-masing, sehingga tidak perlu takut untuk tidak memperoleh konsumen.

Hanya saja, ada beberapa hal basis yang harus diperhatikan agar usaha yang dijalankan optimal dan memberikan profit maksimal. Selengkapnya, berikut cara dasar bisnis online yang perlu Anda siapkan!

  • Tetapkan Tujuan dan Niat

Ini adalah hal yang sangat mendasar dari setiap hal yang Anda lakukan, tidak terkecuali saat akan menjalankan bisnis online. Sepintas, bisnis online memang terlihat menyenangkan dan mudah, tetapi kenyataannya tidak demikian.

Anda harus berhadapan dengan banyak kompetitor dan berebut pasar. Otomatis, Anda dituntut untuk lebih menonjol. Untuk mencapainya, Anda harus memberikan pelayanan yang maksimal, mempunyai strategi pemasaran yang tepat, memiliki nilai tersendiri, dan lain-lain.

Untuk itu, pastikan Anda memiliki tujuan yang pas dan niat yang kukuh. Kalau sudah begitu, tinggal bagaimana Anda konsisten dalam menjalankan bisnis.

  • Pilih Bidang yang Disukai

Bidang apa yang Anda sukai? Aksesori perempuan? Pakaian? Produk kecantikan dan skin care? Pembuatan desain grafis?

Sebenarnya, Anda dapat dengan mudah menemukan komoditas apa yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Sudah ada banyak tools yang memudahkan Anda memperoleh informasi tersebut. Hanya saja, bila ternyata hal tersebut tidak sesuai dengan apa yang Anda sukai, besar kemungkinan nantinya Anda akan merasa lelah di tengah jalan sebelum akhirnya memutuskan untuk mundur.

Sekalipun produk atau jasa yang Anda tawarkan tidak terlalu populer, bukan berarti peluang untuk sukses juga kecil. Sisi positifnya, semakin sedikit pemain yang memilih bidang tersebut, semakin besar kesempatan Anda untuk memenangkan pasar.

  • Tentukan Pasar dan Pelajari Trennya

Contoh yang paling umum adalah berjualan pakaian. Anda harus dengan secara spesifik menentukan segmen yang dituju. Misal, Anda ingin menjalankan bisnis pakaian syari. Pilih segmen pembeli yang diincar, apakah dari golongan menengah ke atas atau justru menengah ke bawah.

Masing-masing segmen pasar juga mempunyai karakter dan tren masing-masing. Anda harus melakukan riset pasar yang lebih mendalam sehingga menghasilkan produk dan pelayanan yang memberikan engagement lebih kepada konsumen.

  • Lakukan ATM

Pernah dengar istilah ini? Eits, bukan mesin ATM untuk melakukan penarikan uang tunai atau melakukan transaksi perbankan pada umumnya, ya.

ATM yang dimaksud adalah Amati, Tiru, dan Modifikasi. Artinya, sebagai pemain baru, Anda bisa mencari role model bisnis yang sudah ada sebelumnya. Pelajari bagaimana mereka menjalankan bisnisnya, lalu adopsi.

Namun, jangan meniru apa yang mereka lakukan mentah-mentah. Lakukan modifikasi pada usaha Anda. Selain menghindari plagiarisme, hal ini juga menjadi salah satu bekal Anda dalam memberikan nilai lebih pada bisnis sendiri.

Tidak susah, kan? Dengan empat cara dasar bisnis online ini bisa kamu terapkan sebagai langkah awal sebelum terjun ke persaingan ketat dunia toko online. Selamat mencoba, Sahabat GandengTangan!

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.