Wirausaha

Tips Cara Memulai Wirausaha dengan Modal Kecil

Tips Cara Memulai Wirausaha dengan Modal Kecil

Memulai wirausaha dengan modal kecil saat ini bisa jadi pilihan untuk menambah pendapatanmu, lho. Dengan modal kecil dan memaksimalkan akses secara online, kamu bisa mulai bisnis microfinance kapanpun, Sahabat GandengTangan.

Mau tahu apa saja yang dibutuhkan untuk bisa memulai wirausaha minim modal? Simak di paragraf selanjutnya ya!

  • Memahami kemampuan

Ketahui lebih dulu kemampuanmu dalam mengelola bisnis, Sahabat GandengTangan. Bulatkan tekadmu untuk memulai bisnis, persiapkan mental juga ya. Selain itu, kalau kamu mau memulai bisnis kecil dari hobi atau hal yang biasa lakukan, maka kamu harus tahu kelebihan dan kekurangan diri kamu. Jangan sampai kamu bersedia menerima 500 pesanan tapi masih kekurangan orang untuk membuat pesanan tersebut. Jadi, pahami kemampuanmu terlebih dulu.

  • Membuat rencana keuangan wirausaha

Selain siap mental, siapkan juga bujet yang kamu siapkan untuk membangun wirausaha ini. List bahan-bahan yang dibutuhkan dan sesuaikan dengan bujet yang kamu keluarkan untuk membangun wirausaha ini. Jangan sampai lebih besar daripada tiang ya. Untuk pemasaran, kamu bisa tulis juga bujet yang disediakan. Namun di masa modern ini, pemasaran bisa dilakukan secara online lewat exposure di media sosial. Jadi, kamu bisa mulai dengan modal yang kecil.

  • Memahami selera pasar¬†

Strategi sukses menjalankan usaha mikrofinance adalah memahami selera pasar dan sekeliling kamu, Sahabat GandengTangan. Kamu bisa simak cara memahami selera pasar di blog GandengTangan. Yang pasti, cara satu ini bisa digunakan untuk mengumpulkan target konsumen yang akan kamu capai. Semakin kamu memahami pasar, semakin besar kesempatanmu untuk meningkatkan usaha mikrofinance-mu.

  • Mulai dari orang terdekat

Sebagai tester atau awalan, kamu bisa coba meminta pendapat orang terdekat tentang produk yang mau kamu jual. Kalau mereka suka dengan produkmu, minta mereka untuk membagikannya di media sosial dan kamu bisa mengulang postingan (repost) agar semakin banyak orang yang melihat postingan produk kamu. Semakin sering kamu mengunggah produk kamu dengan di media sosial, akan semakin banyak orang yang penasaran dan tertarik membeli produk kamu. Sebagai pemula, kamu bisa menggunakan akun pribadi terlebih dulu, kok. Nanti setelah banyak yang tahu dan konsumen sudah berkumpul, kamu bisa membuat akun bisnis di Instagram.

  • Memanfaatkan teknologi sebagai strategi pemasaran

Nah, yang satu ini mesti banget kamu manfaatkan, Sahabat GandengTangan. Berkat dunia yang semakin canggih, kamu bisa meminimalisir dana pemasaran dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Untuk pemasaran, kamu bisa menggunakan media sosial, hingga aplikasi Messenger, seperti WhatsApp dan Line. Mulailah dari aplikasi tersebut untuk menjual produkmu. Simak juga cara jualan online dengan mudah dan cepat laris di sini ya. 

Dari berbagai tips di atas cocok banget untuk kamu yang mau memulai wirausaha saat ini. Lewat usaha ini, bisa menambah pendapatanmu, Sahabat GandengTangan. Atau kamu juga bisa melakukan investasi modal kecil di GandengTangan. Simak selengkapnya di sini ya.

Nantikan tips wirausaha dari Gita ya!

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.