KeuanganRamadan

Tips Mengatur Keuangan Selama Bulan Ramadan #dirumahaja

Tips Mengatur Keuangan Selama Bulan Ramadan #dirumahaja

Pandemi Covid-19 ini memang banyak merubah berbagai hal termasuk momen yang biasa terjadi di bulan Ramadan, seperti, ngabuburit dan buka bersama. Positifnya, di bulan Ramadan tahu ini, uang kamu bisa lebih aman karena enggak ada undangan buka bersama bareng teman-teman! Hehehe. Kembali lagi ke topik, selain beberapa momen yang terasa berbeda, cara mengatur bujet bulan ini juga sedikit berbeda, Sahabat GandengTangan.

Yuk, simak tips mengatur uang selama bulan Ramadan saat #dirumahaja!

Tips Mengatur Keuangan Selama Bulan Ramadan #dirumahaja

  • Buat bujet bulan Ramadan

Hal pertama yang mesti kamu lakukan, tentunya, membuat bujet bulanan! Sebab di masa pandemi Covid-19 ini, enggak semua orang punya pemasukan yang stabil. Jadi, coba membuat bujet bulan ini sesuai dengan pemasukan yang kamu miliki sekarang. Kalau kamu mau menambah pendapatan selama #dirumahaja, simak tipsnya di sini ya!

  • Buat list kebutuhan yang masih ada

Setelah membuat bujet, coba cek stok kebutuhan di rumahmu. Tujuannya, supaya kamu enggak membeli barang yang masih tersedia di rumah. Jadi, catat semua stok di rumah yang masih tersedia ya. Supaya bisa meminimalisir belanja bulan ini juga, Sahabat GandengTangan.

  • Buat list kebutuhan selama bulan Ramadan

Setelah mencatat semua stok yang ada di rumah, sekarang catat semua kebutuhan yang sudah habis. Nanti catatan tersebut adalah list belanjaan yang mesti kamu beli saat belanja bulanan. Gita sarankan, di saat seperti ini kurangi dulu membeli barang yang kamu inginkan ya. Inget, tips Raditya Dika di sini.

  • Belanja bulanan di warung/distributor/supermarket terdekat

Karena belanja online enggak ramah lingkugan, ada baiknya, kamu belanja di warung atau distributor terdekat ya. Atau kamu juga bisa belanja di supermarket terdekat. Jangan lupa, setiap berbelanja selalu bawa tote bag atau tas belanjaan sendiri ya. Atau bisa dengan menggunakan kardus yang enggak terpakai.

Dari bujet awal yang sudah kamu buat, misal masih ada lebih dari bujet kebutuhan sehari-hari, kamu bisa alokasikan dana tersebut ke dana darurat ya. Dengan begitu, dana darurat kamu bisa terpenuhi. Sebab kita enggak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya, jadi ada baiknya kita melakukan antisipasi terlebih dulu dengan memenuhi dana darurat, yakni sebesar 3x pengeluaran selama satu bulan.

Itu dia tips mengatur keuangan di bulan Ramadan selama #dirumahaja. Buat yang mau menambah pendapatan sekaligus membantu usaha mikro Indonesia, bisa melakukan investasi online di GandengTangan!

Tetap jaga kesehatan dan minum vitamin ya, Sahabat GandengTangan! Kalau belanja keluar, selalu gunakan masker kain dan sarung tangan kain agar aman. Bawa tas belanjaan supaya tetap bisa menjaga bumi.

Selamat menjalankan ibadah puasa, Sahabat GandengTangan!

Comment here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.