Menjadi wirausaha atau pelaku usaha mikro bukan suatu hal yang mudah. Kita mesti punya kemampuan untuk mau belajar dalam meningkatkan skill atau keahlian di berbagai bidang, agar bisa terus berinovasi dan menghasilkan produk yang menarik. Setuju, nggak?
Nah, membahas tentang ‘meningkatkan keahlian’, baru-baru ini ada kegiatan yang bertemakan ‘Advancing the Quality of Life’ ditujukan bagi pelaku usaha UMKM di Indonesia, lho. Yep, Yayasan GandengTangan Indonesia didukung oleh PT HM Sampoerna Tbk. telah melaksanakan kegiatan tersebut untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku usaha UMKM melalui serangkaian kegiatan edukasi.
Berikut beberapa rangkaian kegiatan yang diadakan di kota Sukarejo pada tanggal-tanggal berikut ini, yaitu 17 Januari 2020, 15 Januari 2020, 23 April 2019, 30 April 2019, 9 Januari 2019, 26 Juni 2019, dan 1 Agustus 2019.
Melalui kegiatan tersebut, diharapkan tulang punggung ekonomi mikro di Indonesia ini bisa terus berkembang secara pengetahuannya maupun keterampilan. Sehingga beragam produk domestik di Indonesia menjadi semakin meningkat di kalangan publik. Atau bahkan merancah ke dunia internasional.
Seperti yang kita ketahui, peran UMKM di Indonesia sangatlah penting. Khususnya bagi perekonomian mikro Indonesia. Menurut data Kementerian Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (KUKM) tahun 2018, jumlah pelaku UMKM sebanyak 64,2 juta atau 99,99% dari jumlah pelaku usaha di Indonesia. Sementara itu kontribusinya terhadap perekonomian nasional (PDB) sebesar 61,1%, dan sisanya yaitu 38,9% disumbangkan oleh pelaku usaha besar yang jumlahnya hanya sebesar 5.550 atau 0,01% dari jumlah pelaku usaha.
Jadi, sudah tahu, kan gimana pentingnya peran mereka di Indonesia?
Aplikasi UMKM online dapat membantu UMKM dalam meningkatkan efisiensi operasi dan manajemen, meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya, dan meningkatkan penghasilan. Dalam memilih aplikasi UMKM online yang tepat, UMKM harus mempertimbangkan kebutuhan bisnis mereka dan anggaran yang tersedia
Terimakasih informasinya kak!!! Ketahui jugua tentang sistem penjualan adalah
Terima kasih telah membagikan artikel yang bagus sekali. Jika Anda menjalankan sebuah bisnis, Anda harus tahu tentang perangkat lunak Enterprise Resource Planning (ERP) yang membantu organisasi dalam mengelola dan mengotomatisasi proses bisnis. Sistem erp berfungsi sebagai repositori pusat untuk semua data organisasi, memungkinkan berbagai departemen dan tim untuk berbagi informasi dan berkolaborasi pada proyek. Sedangkan vendor erp, juga dikenal sebagai manajemen vendor ERP, adalah jenis perangkat lunak ERP khusus yang berfokus pada pengelolaan hubungan dengan vendor.
Terima kasih untuk informasi yang sangat baik. Menurut EVA-HR, Program Rekrutmen adalah proses yang dilakukan oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk mencari, mengidentifikasi, dan memilih calon karyawan yang potensial untuk mengisi posisi yang tersedia dalam perusahaan tersebut.