Anda menemukan solusi kreatif dari sebuah permasalahan sosial? Jika ingin mewujudkannya dalam bentuk startup, perhatikan lebih dulu 4 faktor ini.
Startup adalah kombinasi dua hal: permasalahan dan solusi atas permasalahan tersebut. Ada beragam jenis startup yang bisa Anda temui saat ini, mulai dari yang bergerak dalam bidang keuangan, lifestyle, teknologi, dan sosial. Jenis perusahaan rintisan terakhir memiliki perbedaan dibandingkan startup lainnya.
Pembentukan startup sosial bukan bertujuan memperoleh keuntungan semata. Namun, lebih pada bagaimana solusi yang ditawarkan bisa membantu pemecahan masalah atau menjawab kebutuhan masyarakat. Bahkan, dalam skala lebih besar, bisa berdampak secara sosial dan membawa perubahan pada kehidupan bangsa dan negara.
Kemajuan teknologi digital memberikan angin segar bagi para pendiri startup. Mereka dapat membangun perusahaan rintisan lintas bidang. Sebagai contoh, salah satu penyedia layanan P2P lending online, yaitu GandengTangan. Berperan sebagai penghubung para pemilik usaha mikro dan para pendana, startup sosial ini hendak memberi dampak sosial pada keberlangsungan usaha mikro di Indonesia.
Sistem pendanaan jangka pendek yang dikelola secara aman dan transparan menjadi solusi mengatasi masalah permodalan usaha mikro. Dalam jangka panjang, tentu sistem tersebut bisa berpengaruh pula pada peningkatan perekonomian nasional.
Nah, apabila Anda berminat membangun startup sosial, perhatikan lebih dulu 4 faktor berikut ini.
Menemukan masalah dan meramu solusi
Masalah atau kebutuhan manusia terhadap banyak hal tidak pernah habis. Namun, bisa jeli menemukan masalah butuh keahlian tersendiri. Lebih lanjut, Anda juga perlu menggali dan meramu solusi, baik berupa produk atau jasa. Tuangkan semua dengan jelas dalam sebuah visi dan misi perusahaan.
Membuat business plan dan marketing plan
Berikutnya, jika startup ini bukan bertujuan mencari keuntungan, maka Anda perlu merancang business plan dan marketing plan dengan ekstra cermat. Contoh, dari mana sumber penghasilan usaha Anda? Lalu, bagaimana Anda mampu menutupi biaya operasional perusahaan? Rencana promosi seperti apa yang hendak Anda buat?
Aktif dalam komunitas
Aktif dalam komunitas tertentu tidak hanya bagus untuk memperbanyak jejaring Anda. Lebih dari itu, Anda juga bisa saling bertukar ilmu, berbagi pengalaman, dan mempromosikan startup Anda. Meski promosi lewat media sosial cukup efektif, promosi dari mulut ke mulut atau word of mouth tetap perlu. Selain itu, tingkat awareness orang pada startup Anda pun terbangun lebih mudah jika aktif bergaul dalam komunitas.
Melek teknologi dan media internet
Jika Anda ingin menjangkau masyarakat lebih luas tanpa batasan geografis, maka mendirikan startup berbasis teknologi adalah jawaban tepat. Sebagai contoh, Anda membuat aplikasi investasi yang memudahkan para investor mendanai beragam usaha. Sistem ini menguntungkan Anda, investor, maupun pelaku usaha karena semua transaksi berlangsung pada satu platform dan bisa dilihat secara real time.
Demikian 4 faktor yang perlu Anda perhatikan ketika hendak membangun startup sosial. Begitu perusahaan mulai berjalan, Anda bisa menyisihkan sebagian penghasilan untuk berinvestasi.
Cara paling mudah jelas melalui P2P lending online seperti GandengTangan. Anda tidak hanya berinvestasi, tetapi juga memberikan dampak sosial bagi usaha mikro. Sejalan dengan visi Anda membangun startup, bukan? Yuk, mulai investasi sekarang!